Share

Peran Navigator Rifat Sungkar dan Mitsubishi Triton di Ajang AXCR 2022

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Selasa 29 November 2022 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 52 2717181 peran-navigator-rifat-sungkar-dan-mitsubishi-triton-di-ajang-axcr-2022-RXmuPIviLM.jpeg Mitsubishi Triton melintasi medan berat AXCR Thailand. (Foto: Dok. Mitsubishi)

JAKARTA – Tim Mitsubishi Ralliart bersama Rifat Sungkar berhasil finish pada posisi kelima ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand. Keberhasilan Rifat Sungkar tersebut tidak lepas dari peran seorang pemandu atau navigator yang menyertai selama pertandingan.

Mitsubishi mempercayakan posisi navigator kepada Peerapong Sombutwong untuk membimbing Rifat Sungkar melalui segala tantangan dan berperan sebagai penunjuk arah.

Navigator punya peran vital pada balap reli karena pengemudi atau pembalap belum tahu medan atau jalanan yang ditempuh.

β€œSaat reli tentu driver tidak tahu detail mengenai jalan dan arah yang harus dituju, ini tugasnya navigator. Navigator harus mempelajari ini sehari sebelum balapan dimulai,” ungkap Sombutwong dalam diskusi virtual, Senin (28/11/2022).

Mitsubishi Triton di ajang AXCR. (Foto: Dok. Mitsubishi)

Menurutnya, navigator harus membaca dan memahami, semua detail di peta harus dipahami dan diterjemahkan untuk kepentingan pembalap sehingga pembalap bisa meenentukan gaya mengemudi dan tahu hambatan apa yang akan dihadapi dalam waktu dekat.

Mitsubishi Triton di ajang AXCR. (Foto: Dok. Mitsubishi)

Rifat Sungkar sendiri baru pertama kali mengikuti ajang ini sehingga arahan navigator adalah satu hal yang penting. Selain itu, di medan off-road banyak kemungkinan yang bisa terjadi, oleh karena itu dibutuhkan navigator yang andal dan mobil yang kuat.

Debut Mitsubishi di ajang AXCR 2022 ini menggunakan mobil Triton. Mobil yang dipakai di ajang ini terbilang cukup kuat dan andal melibas medan ekstrem dengan mobil 90% standar.

Follow Berita Okezone di Google News

Rifat yang baru pertama kali mengikuti ajang ini terbantu dengan performa yang dimiliki Mitsubishi Triton. Mobil ini berhasil membawanya finish di posisi kelima.

Menurut Rifat, biasanya anak baru akan sulit untuk mencapai posisi finish. Namun, berkat keandalan mobil, ia bisa membuktikan dari posisi 8 mampu merangkak naik ke posisi empat dan menyelesaikan di posisi kelima.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini