Share

5 PO Bus Ini Punya Livery Unik dan Filosofis

Fidila Anjani, Okezone · Rabu 30 November 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 86 2717631 5-po-bus-ini-punya-livery-unik-dan-filosofis-xspehb6mdm.png PO Putra Pelangi. (Foto: Pesona Travel)

JAKARTA – Setiap bus memiliki ciri khas tersendiri, baik dari model, cat, corak dan gambara atau livery. Beberapa perusahaan otobus (PO) membuat gambar livery unik untuk menarik perhatian penumpang.

PO bus tersebut bahkan memiliki livery yang filosofis atau sesuatu yang diyakini oleh pemilik PO tersebut. Berikut lima PO yang memiliki gambar livery unik.

PO Hariyanto. (Foto: Dok. Bus Hariyanto)

PO Haryanto menggunakan tokoh perwayangan Bima untuk setiap livery bus mereka. Wayang Bima dipilih oleh pemilik perusahaan agar para pekerja memiliki sifat yang sama dengan tokoh tersebut.

Sifat yang dimiliki oleh Bima, yaitu gagah berani, kuat, teguh, jujur, tabah, patuh, bijaksana, dan menganggap semua derajat orang setingkat.

2. Kuda berlari pada PO Harapan

	PO Harapan Jaya. (Foto: Dok. PO Harapan Jaya)

PO Harapan memilih kuda berlari sebagai gambar livery pada setiap armada bus miliknya. Dalam livery tersebut terdapat 8 kuda yang sedang berlari.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemilihan kuda berlari tersebut didasarkan oleh filosofi cina yaitu Ba Ma Jun Tu. Ba Ma Jun Tu memiliki arti delapan kuda penuh semangat dengan salah satu sifat kuda baik yaitu tidak akan memakan rumput yang sudah ditinggalkan.

3. Foto pahlawan pada PO Mata Trans

PO Mata Trans (Foto: Saturental)

Pemilik Mata Trans menggunakan livery foto pahlawan pada setiap armadanya sebagai penghormatan terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa kepada bangsa Indonesia.

Foto pahlawan tersebut juga sengaja dibuat dengan desain warna mencolok agar lebih menarik penumpang.

4. Rumah gadang pada PO MPM

PO MPM. (Foto: Ticbus)

PO MPM berasal dari Padang karena itu tidak mengherankan kalau mereka menggunakan livery rumah gadang sebagai ciri khas armadanya.

Dengan background berwarna putih lalu terdapat corak merah, abu-abu, dan hitam sementara gambar rumah gadang terpampang pada bagian tengah dengan warna merah menyala yang menjadikannya sebagai ikon.

Pemilihan rumah gadang sendiri didasari oleh pendiri perusahaan MPM, H. Yurnalis yang tidak ingin melupakan kota kelahirannya.

5. Pelangi pada PO Putra Pelangi

PO Putra Pelangi. (Foto: Pesona Travel)

Seperti namanya Putra Pelangi, PO satu ini menggunakan gambar livery pelangi sebagai ciri khasnya. Pemilihan Pelangi sendiri memiliki arti masa depan yang akan baik-baik saja.

Memiliki background berwarna putih, corak pelangi pada bus tersebut terdapat pada bagian belakang bus hingga bagian tengah yang menjadikan menarik perhatian orang di jalan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini