Share

Polda Metro Jaya Kembangkan Fitur ELTE, Bisa Kenali Wajah Pelanggar

Fidila Anjani, Okezone · Rabu 30 November 2022 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 86 2718136 polda-metro-jaya-kembangkan-fitur-elte-bisa-kenali-wajah-pelanggar-hhhsub0Uxh.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Setelah diberlakukannya tilang elektronik menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE) terjadi peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas.

Pelanggaran lalu lintas yang marak diprakirakan terjadi karena keterbatasan fungsi kamera ETLE.

Salah satu pelanggaran yang kerap terjadi adalah pengguna motor menggunakan pelat nomor palsu sehingga ETLE tidak mendeteksi.

Untuk menyiasati kondisi ini Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan akan menindak tegas pelanggar dengan cara tilang manual.

Selain menerapkan tilang manual, pihaknya akan mengembangkan kamera ETLE yang dapat mengenali wajah pengendara atau face recognition.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pihak Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selaku pemegang database kependudukan.

Follow Berita Okezone di Google News

Meski memiliki rencana pembaruan kamera ETLE, namun belum dapat dipastikan kapan fitur pengenal wajah ini akan tersedia.

Sebelumnya, Kapolri sempat menginstruksikan untuk menarik surat tilang yang ada di seluruh Indonesia karena menggantungkan tilang elektronik. Namun, penggunaan tilang elektronik dinilai tidak efektif mengurangi pelanggaran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini