Share

Berikut 3 Kelebihan Motor Kopling Dibanding Skuter Matik

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 53 2718615 berikut-3-kelebihan-motor-kopling-dibanding-skuter-matik-kromobYXG3.JPG Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Seolah sudah menjadi rahasia umum bila motor kopling selalu jadi pilihan untuk perjalanan jauh dan motor matik digunakan untuk motor perkotaan dan jarak dekat.

Namun, seiring dengan semakin meningkatnya pengguna motor matik, banyak orang lebih memilih perjalanan jauh menggunakan motor matik ketimbang kopling.

Padahal motor kopling sangat direkomendasikan untuk digunakan melibas perjalanan jauh. Karena, selain performa mesin yang lebih prima, motor kopling juga lebih nyaman digunakan di jalanan jauh yang lengang.

1. Sepenuhnya memegang kendali

Pengguna motor kopling dapat berkendali penuh pada kendaraannya, terutama ketika memindahkan gigi dan mengatur kecepatan motor. Kecepatan motor kopling ditentukan oleh jumlah gigi yang dimasukkan.

Ingin memacu motor dengan kecepatan tinggi atau dengan kecepatan rendah, semua pengaturannya ada pada tangan kiri. Berbeda dengan motor matik yang untuk memacu kecepatan tinggi semua diatur secara otomatis.

2. Engine brake

Kelebihan motor kopling adalah dapat diperlambat dengan menggunakan kopling. Pengguna motor kopling tidak selalu menggunakan rem untuk memperlambat kendaraannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Pengguna motor kopling hanya tinggal menarik tuas kopling di bagian kiri kemudi dan melepasnya. Dengan begitu, motor akan melambat secara perlahan.

Penggunaan engine brake dapat menghemat penggunaan kampas rem. Karena, untuk berhenti di tanjakan atau turunan, dapat memanfaatkan kopling.

3. Mudah dirawat dan murah

Keunggulan lain dari motor kopling adalah biaya perawatannya murah. Perawatan motor kopling umumnya hanya servis rutin dan mengganti pelumas.

Sedangkan motor matik, biaya perawatannya relatif mahal karena banyak komponen penting yang harus dirawat seperti halnya CVT, roller, belt dan butuh dua pelumas.

Perawatan motor kopling juga relatif mudah karena untuk mengganti pelumas dapat dilakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel atau servis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini