Share

Wajib Berikan Kenyamanan Penumpang Bus, Berikut Tugas Utama Pramugari Cantik

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 86 2718430 wajib-berikan-kenyamanan-penumpang-bus-berikut-tugas-utama-pramugari-cantik-MlkWTg5rd5.JPG Pramugari PO Rosalia Indah. (Foto: SC YouTube)

JAKARTA โ€“ Pelayanan menggunakan pramugari tidak hanya didominasi oleh pesawat atau kereta. Karena, saat ini perusahaan otobus (PO) juga memiliki layanan pramugari di kelas-kelas tertentu.

Para penumpang di kelas executive plus, super top, dan double decker mendapatkan layanan dari pramugari di sepanjang perjalanan. Segala kebutuhan penumpang selama perjalanan akan ditangani oleh pramugari.

Hadirnya pramugari ini membawa kesan positif pada layanan PO. Dulu, bus dikesankan kumuh dan banyak tindak kriminal yang terjadi selama di terminal dan perjalanan.

Sejak ada pramugari, perjalanan menggunakan bus jadi terkesan eksekutif dan memberi kenyamanan ekstra pada penumpang.

Pramugari juga membagikan selimut, memberi pengumuman saat tiba di rest area dan juga pelayanan administrasi penumpang lainnya.

Selain itu, pramugari juga bertugas menjaga kebersihan kabin armada bus. Karena, kebersihan bus akan menaikkan citra PO dan membuat penumpang nyaman.

Sekadar informasi, Rosalia Indah merupakan PO pertama yang menyediakan layanan pramugari di kelas premium. Bahkan perusahaan ini dikenal sebagai PO yang memberi layanan terbaik.

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œMemang pelayanannya harus sesuai standar SOP. Saya itu kan sering bawa (bertugas) double decker, jadi yang harus teristimewakan itu di first class, contohnya yang di belakang ini (sleeper). Nanti ada take order, jadi menu makan, dan ada kartu selamat datangnya juga,โ€ ujar Wulan pramugari Rosalia Indah dalam kanal YouTube Ichal Traveller.

Para pramugari yang bertugas di PO Rosalia Indah diberikan pelatihan dan training. Sebelum bertugas, pramugari yang magang hanya menjadi penumpang untuk mengamati pramugari yang bertugas.

Calon pramugari bus juga dilatih bicara di depan umum. Kemampuan ini wajib dimiliki pramugari bus agar dapat menyampaikan informasi kepada penumpang.

Pramugari juga dilatih untuk mengamati gerak-gerik penumpang dan mengasah kepekaan agar dapat memberikan pelayanan ekstra kepada penumpang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini