Share

4 Cara Menghilangkan Bunyi Fan Belt Mobil

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 87 2718453 4-cara-menghilangkan-bunyi-fan-belt-mobil-ZmaiJmMty4.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Perawatan mesin kendaraan merupakan hal yang wajib dilakukan setiap pengendara. Salah satu komponen mesin yang wajib dirawat agar mesin bekerja maksimal adalah fan belt.

Fan belt merupakan karet kipas pendingin mesin mobil. Komponen ini terbuat dari imitasi karet dan baja. Fungsi utama komponen fan belt adalah sebagai pemutar di berbagai komponen mesin, mulai dari pompa oli hingga alternator.

Maka dari itu, perawatan pada fan belt merupakan bagian yang penting untuk kesehatan mobil. Berikut telah disajikan cara-cara mudah mengatasai fan belt yang berbunyi.

1. Menyemprotkan dengan air sabun

Cara ini hanya cocok dilakukan pada saat kondisi darurat atau genting. Cairan air sabun mampu meredam bising dari fan belt. Meski begitu, cara ini kurang efektif karena sifatnya hanya sementara.

2. Menggunakan pelumas

Cara lain untuk mengatasi fan belt yang berbunyi adalah dengan memberikan pelumas di permukaan fan belt. Meski bisa meredam, harus ekstra hati-hati untuk melakukan cara ini.

Karena pelumas yang terlalu banyak pada fan belt dapat membuat tali kipas menjadi selip dan menimbulkan suara berisik.

3. Memakai grease

Cara lain meredam suara berisik fan belt adalah menggunakan grease. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan mengoleskan pelumas pada permukaan fan belt.

Follow Berita Okezone di Google News

Cukup mengeleskan grease secukupnya pada fan belt hingga suara berisiknya hilang. Cara ini juga berisiko membuat tali fan belt menjadi selip sehingga tidak boleh sembarangan dalam mengolesi.

4. Memakai cairan khusus

Selain itu, cara mengatasi suara berisik dari fan belt adalah dengan menggunakan cairan khusus belt berkaleng aerosol. Cairan ini bisa didapatkan di toko atau bengkel mobil.

Cara menggunakan cairan ini relatif mudah, yakni menghidupkan mesin, dan menyemprotkan cairan khusus pada belt hingga suara bisingnya menghilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini