Share

Tampil Ganas di Ajang AXCR 2022, Rifat Sungkar Puji Ketangguhan Mitsubishi Triton

Antara, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2022 02:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 52 2718967 tampil-ganas-di-ajang-axcr-2022-rifat-sungkar-puji-ketangguhan-mitsubishi-triton-4nXoMtdeNc.JPG Mitsubishi Triton Ralliart (Foto: MMKSI)

MITSUBISHI Triton Ralliart menunjukkan performa luar biasa di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21-26 November 2022.

Tim Mitsubishi Ralliart mendapat dukungan penuh dari Mitsubishi Motors Corporation, pereli yang diandalkan berhasil tampil membanggakan dengan meraih kemenangan oleh Chayapon Yotha dari Thailand dan posisi lima diraih Rifat Sungkar perwakilan Indonesia.

Sebelumnya, AXCR 2022 menyajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS).

Ketangguhan Mitsubishi Triton yang terbukti finis terdepan dikendarai Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, padahal Mitsubishi Triton Ralliart masih banyak membawa spesifikasi standar.

(Foto: MMKSI)

Pembuktian Mitsubishi Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability mobil yang memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan. Termasuk keikutsertaannya di ajang rally AXCR 2022 yang diselenggarakan di Thailand dan Kamboja.

Uniknya, pembalap Rifat Sungkar tidak melakukan perubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international. 

Secara keseluruhan, mobil yang digunakan dua pembalap andalan Mitsubishi khususnya Rifat Sungkar tampil sebagai mobil standar pabrikan yang tidak banyak dilakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.

Mitsubishi Tritron di Ajang AXCR 2022

(Foto: Instagram/@rifato)

Terkait performa di AXCR 2022, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Namamura, menyampaikan terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan, baik kepada Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional ini sebagai bagian dari tim untuk menunjukkan bakat dan keterampilannya yang baik mewakili Indonesia.

“Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya, sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat-san mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart," kata Namamura.

Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton, yang dibuktikan langsung di lokasi.

Follow Berita Okezone di Google News

"Di Indonesia, Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini, bahkan akan memperkuat posisinya di pasar ke depannya," tuturnya.

Sementara itu, pembalap Indonesia, Rifat Sungkar memuji ketangguhan Mitsubishi Triton yang digunakan dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand-Kamboja pada 21-26 November.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” kata Rifat mengutip Antara.

Mitsubishi Tritron di Ajang AXCR 2022

(Foto: Instagram/@rifato)

Rifat yang berpasangan dengan co-driver Chupong Chaiwan memang berlaga cukup apik meski persiapan yang dilakukan tidak sepanjang pebalap lain. Hanya saja dia telah melakukan pemetaan rute atau medan yang akan dilalui sebagai “Dakar”-nya di Kawasan Asia ini.

“Hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, saya mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini