Share

Anjing Lebih Suka Mobil Listrik Ketimbang Mobil BBM, Kok Bisa?

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 86 2718968 anjing-lebih-suka-mobil-listrik-ketimbang-mobil-bbm-kok-bisa-PTjG2TOKeB.JPG Menurut penelitian, anjing lebih suka mobil listrik ketimbang BBM (Foto: Shutterstock)

SEBUAH studi mengatakan bahwa jika ingin memanjakan anjing peliharaan, maka mobil listrik lah jawabannya. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika harus memilih tumpangan, anjing lebih menyukai mobil listrik dibanding diesel atau bensin

Menurut mereka, mobil listrik tidak hanya membantu menenangkan anjing dengan menghilangkan kecemasan dan kegembiraan yang berlebihan, tetapi juga membantu mengurangi mabuk kendaraan pada hewan peliharaan.

Para ilmuwan mengatakan perjalanan yang lebih mulus dan berkurangnya kebisingan dan getaran jalan menyebabkan penurunan detak jantung hingga 30 persen, seperti dihimpun dari Metro.

Dalam studi yang dilakukan oleh University of Lincoln, bekerja sama dengan CarGurus melakukan tes menggunakan 20 anjing yang disambungkan untuk pembacaan biometrik. Setiap anjing dibawa dalam dua perjalanan 10 menit, satu di mobil listrik diikuti dengan rute yang sama di mobil diesel.

Anjing diberi istirahat satu jam di antara setiap perjalanan untuk memastikan mereka dalam keadaan santai untuk perjalanan selanjutnya. Hanya satu dari 20 anjing yang melakukan perjalanan terutama dengan kendaraan listrik setiap hari dengan 19 anjing bepergian dengan mobil diesel atau bensin.'

Tes menemukan anjing berbaring sekitar sepertiga dari durasi perjalanan terlepas dari apakah mereka menggunakan kendaraan diesel atau listrik. Namun, di mobil diesel, anjing mematahkan posisi berbaring rata-rata 50 persen lebih banyak daripada di kendaraan listrik

Profesor Daniel Mills, seorang Pakar Kedokteran Perilaku Hewan di University of Lincoln, mengatakan bahwa hasil studi menunjukkan bahwa anjing tampak lebih santai di dalam kendaraan listrik dan gejala mabuk perjalanan ikut berkurang.

"Selama perjalanan mereka di kendaraan listrik, rekaman biometrik dari anjing-anjing ini mengungkapkan detak jantung mereka melambat jauh lebih banyak daripada ketika mereka berada di mobil diesel," kata Mills.

"Ini sangat menarik bagi kami mengingat peningkatan detak jantung umumnya dikaitkan dengan mabuk perjalanan. Ini hasil yang menarik," ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk mengukur respons perilaku dan fisiologis anjing terhadap perjalanan mobil, serangkaian teknik ilmiah digunakan. Perilaku anjing di dalam mobil terus direkam menggunakan kamera GoPro, dengan tujuan mengidentifikasi perilaku anjing.

CarGurus, pasar mobil online, melakukan penelitian lebih lanjut dengan pemilik anjing mengenai perilaku hewan peliharaannya saat bepergian. Secara keseluruhan, mereka mengatakan hewan peliharaan mereka mengalami kegembiraan berlebihan (58%), kecemasan (48%), dan mual (44%) saat bepergian dengan mobil.

Infografis Mobil Listrik

Namun, peserta yang mengendarai anjing mereka dengan kedua kendaraan diesel mengatakan bahwa mereka menetap lebih baik (39%), lebih tenang (43%), tidak terlalu cemas (42%) dan lebih sedikit merengek (45%) di dalam kendaraan listrik.

"Kami tahu dari penelitian sebelumnya bahwa peningkatan tajam dalam kepemilikan anjing dalam tiga tahun terakhir telah menyebabkan banyak pengendara memikirkan kembali mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Chris Knapman, dari CarGurus UK.

"Sampai saat ini, saran kami di sini berfokus pada keselamatan dan kepraktisan, dan ini tetap menjadi pertimbangan utama. Namun, bagi mereka yang menganggap beralih ke mobil listrik sebagai pilihan yang baik, penelitian ini akan memberikan jaminan bahwa itu akan cocok untuk anjing mereka juga," kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini