Share

Cara Mengetahui Posisi dan Mematikan GPS Mobil

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 87 2719085 cara-mengetahui-posisi-dan-mematikan-gps-mobil-Z140mqiQO5.jpeg Ilustrasi. (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA – Global Positioning System (GPS) merupakan teknologi yang dimanfaatkan untuk untuk membantu pemilik mobil melacak lokasi kendaraannya.

GPS juga dipakai untuk membantu pemilik kendaraan mencapai tujuan dengan cepat berdasarkan data yang diterima oleh satelit.

Melalui GPS, pengendara diberikan beberapa alternatif jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai ke tempat tujuan dengan efektif dan efisien.

Biasanya, GPS terpasang pada kendaraan tertentu yang masuk ke dalam kelas premium seperti halnya mobil Kijang Innova dan Fortuner. Namun, untuk mengetahui apakah mobil terpasang perangkat GPS bisa diketahui dengan cara berikut. 

GPS yang ada di dalam mobil merupakan satu kesatuan dengan aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone pemilik kendaraan. Pemilik hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan melihat apakah tersambung pada GPS mobil.

Jika tak dapat terhubung, itu tandanya mobil Anda belum terpasang GPS bawaan, meski termasuk dalam model yang sudah tertanam teknologi tersebut. Pemilik bisa memasangnya sendiri lalu memilih aplikasi yang akan digunakan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Mengirim Pesan Singkat

Jika mobil termasuk model mobil yang terpasang GPS bawaan, umumnya akan terdapat nomor layanan. Hal ini untuk mengetahui kendaraan terpasang GPS atau tidak.

Jika sudah terpasang GPS, makabisa dilakukan dengan mengirim pesan singkat melalui nomor layanan tersebut. Operator pemilik GPS akan melakukan sesuatu sesuai yang diperintahkan oleh pemilik kendaraan.

3. Menggunakan GPS Jammer

GPS jammer adalah alat pendeteksi sinyal pada perangkat pelacak. Alat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan sinyal GPS.

GPS Jammer juga merupakan teknologi yang dipakai oleh pencuri kendaraan untuk menghindari mobil yang dicurinya dilacak oleh pemilik kendaraan.

Cara kerja perangkat ini adalah dengan meletakkannya di kabin mobil dan menunggu selama lima menit. Meski dapat mematikan signal, namun kekurangan perangkat ini adalah tidak dapat mengetahui ada perangkat GPS yang terpasang atau tidak.

Oleh karena itu, cara paling baik adalah menanyakan kepada pihal dealer atau penyedia GPS untuk mengetahui cara kerja dan cara mematikannya untuk antisipasi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini