Share

Toyota Bakal Buat Prototipe Hilux Berbahan Bakar Hidrogen untuk Pasar Inggris

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 04 Desember 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 52 2720388 toyota-bakal-buat-prototipe-hilux-berbahan-bakar-hidrogen-untuk-pasar-inggris-eEApZxMEzC.jpg Toyota Hilux hidrogen. (Foto: Carscoops)

JAKARTA – Eropa mulai melarang mesin pembakaran internal (ICE) pada 2035 mendorong peningkatan kebutuhan kendaraan ramah lingkungan.

Selain mulai mengembangkan kendaraan listrik, pabrikan otomotif yang tak ingin menghilangkan lini kendaraan ICE mulai mengembangkan teknologi fuel cell hidrogen.

Kendaraan hidrogen dikembangkan karena ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon.

Toyota Hilux (Foto: Carscoops)

Proyek kendaraan ramah lingkungan ini mendapat dukungan dana dari pemerintah Inggris sebesar 11 juta poundsterling atau sekira Rp208,7 miliar.

Dikutip dari AutoCar, total dana yang dikeluarkan pemerintah Inggris mencapai 70 juta poundsterling untuk mengembangkan kendaraan tanpa emisi di wilayah terpencil di Inggris.

Proyek ini juga akan menjadi kendaraan berbasis hidrogen pertama yang dibuat Toyota untuk Inggris.

President & CEO of Toyota Motor Europe Matt Harrison mengatakan, Inggris adalah pasar penting bagi Toyota, terutama untuk kendaraan pick-up.

Toyota Hilux (Foto: Carscoops)

Menurutnya, pendanaan ini merupakan peluang besar untuk pengembangkan kendaraan listrik nol emisi di pasar yang spesifik dan kritis.

“Kami ingin berterima kasih kepada Pemerintah Inggris atas pendanaan yang memungkinkan konsorsium menyelidiki pengembangan powertrain bertenaga sel bahan bakar untuk Toyota Hilux, yang mendukung ambisi netralitas karbon kami,” kata Matt Harrison.

Follow Berita Okezone di Google News

Toyota Motor Manufacturing UK (TMUK) bakal memimpin proyek bersama firma teknis yang berbasis di Inggris.

Terkait spesifikasi, Hilux H2 akan menggunakan powertrain Mirai yang menghasilkan tenaga 182 hp dan torsi puncak 300 Nm.

Mesin 2.8 liter empat silinder turbodiesel pada Hilux reguler menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi puncak 500 Nm. Toyota Hilux H2 menawarkan AWD sementara Mirai hanya menggunakan RWD.

Sedangkan jarak tempuh dari tiga tangki hidrogen, kemungkinan besar kurang dari 647 km karena aerodinamika yang jauh lebih buruk dan bobot pikap yang cukup besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini