Share

Cara Memindahkan Persneling Mobil Manual, Jangan Sampai Salah

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 86 2720219 cara-memindahkan-persneling-mobil-manual-jangan-sampai-salah-olg5iLTG9w.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Salah satu hal yang harus dipelajari dengan baik dalam mengendarai mobil manual adalah memindahkan gigi dengan baik dan benar. Banyak orang dapat mengendarai mobil manual, tapi tidak semua dapat memindahkan gigi dengan benar.

Memindahkan gigi adalah salah satu hal prinsipil dalam mengendarai mobil manual. Karena, kesalahan dalam memindahkan gigi pada mobil manual dapat berakibat pada kerusakan gigi kendaraan.

Agar dapat mengemudi dengan benar, berikut tips penting bagi pengendara mobil manual dan bagi para pemula.

Memperhatikan posisi gigi saat netral

Sebelum masuk ke gigi satu, usahakan untuk memperhatikan posisi gigi netral. Pada mobil manual, posisi gigi netral ada di bagian tengah. Jika sudah demikian, maka persneling siap ditarik ke kiri dan ke kanan.

Lepas gas dan injak kopling perlahan

Sebelum memasukkan ke gigi satu, usahakan agar kaki melepas pedal gas dan menginjak kopling. Hal ini dapat dilakukan secara cepat dan bersamaan.

Jangan sampai Anda memindahkan gigi sebelum kopling belum benar-benar terinjak. Jika kopling sudah terinjak, Anda bisa memasukkan ke gigi satu.

Masukkan gigi dengan menggunakan tangan kiri

Pindahkan gigi dengan menggunakan tangan kiri. Saat memasukkan ke gigi satu, usahakan agar pandangan tetap lurus ke depan agar tetap sigap dengan kondisi jalan.

Masuk gigi satu

Cara memasukkan gigi satu adalah dengan menarik batang persneling ke arah kiri hingga mentok dan maju atau arah depan. Saat masuk ke gigi satu adalah ketika mobil diam hingga 20 km/jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Masuk gigi dua

Masuk ke gigi dua prosesnya hampir sama dengan masuk ke gigi satu. Setelah menginjak tuas kopling, tarik batang persneling ke arah kiri hingga mentok dan tarik ke belakang.

Setelah mobil masuk ke gigi dua, segera lepaskan perlahan kopling dan masukkan gas. Langkah untuk memasukkan ke gigi tiga dan empat sama seperti langkah nomor satu, namun tidak perlu menarik persneling ke kiri.

Memindahkan gigi ke posisi mundur

Jika ingin memundurkan mobil, maka usahakan untuk mengembalikan mobil ke posisi netral terlebih dulu. Baru kurangi gas dan injak kopling dan arahkan ke kanan hingga mentok dan mundur. Setelah itu, lepaskan kopling perlahan agar mobil mundur perlahan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini