Share

Cara Mengurangi Emisi Menggunakan Mesin Pembakaran Internal

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 87 2720609 cara-mengurangi-emisi-menggunakan-mesin-pembakaran-internal-uvLIzjrq0G.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia menargetkan pencapaian Net Zero Emission (NZE) pada 2060 dengan mendorong percepatan tren kendaraan listrik. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan demi mempercepat transisi energi.

Beragam pilihan juga sudah tersedia, mulai dari pembelian kendaraan listrik, atau mengkonversi kendaraan konvensional menjadi listrik. Selain itu, kendaraan dengan teknologi hybrid juga terus bermunculan sebagai alternatif.

Tetapi, jika masih ragu beralih ke kendaraan listrik karena mempertimbangkan berbagai hal, ada solusi lain untuk membantu menekan emisi.

Itu diungkapkan Agus dalam Seminar Nasional: 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia, Strategi Transisi pengembangan Teknologi Elektrifikasi dan Manajemen Unit In Operation Menuju Net Zero Emission di Indonesia.

Ada beberapa langkah untuk menekan emisi dalam paparan Agus di Seminar Nasional: 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia. Berikut tips dari Agus Purwadi untuk membantu mengurangi emisi jika harus berkendara dengan kendaraan mesin pembakaran internal.

Follow Berita Okezone di Google News

1. Tidak mengemudi atau menjalankan kendaraan jadi cara terbaik untuk menghemat bahan bakar atau energi

2. Ganti perjalanan mobil dengan mode transportasi ramah lingkungan untuk semua perjalanan lebih pendek dari 5 km

3. Apabila harus pergi dengan mobil, lakukan dengan cara Eco-Driving (E-D)

4. Pindah ke gigi yang lebih tinggi di bawah 2.500 rpm

5. Pertahankan kecepatan stabil pada gigi setinggi mungkin

6. Hindari akselerasi atau pengereman mendadak

7. Matikan mesin saat berhenti sebentar

8. Singkirkan beban berat yang tidak diperlukan, hindari rak atap dan beban atap

9. Optimalkan penggunaan AC dan defroster kaca belakang

10. Periksa tekanan ban secara teratur.

Manfaat yang bisa didapatkan dari eco driving adalah meningkatkan keselamatan di jalan, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 rata-rata 10-15 persen, pengurangan biaya (secara individual, armada, ekonomi), lebih sedikit keausan, lebih sedikit biaya perawatan, lebih sedikit gangguan kebisingan, serta meningkatkan semua kenyamanan pada perjalanan yang sama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini