Share

4 Tips Agar Tidak Ditipu Montir Saat Servis di Bengkel Tak Resmi

Fidila Anjani, Okezone · Senin 05 Desember 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 87 2721024 4-tips-agar-tidak-ditipu-montir-saat-servis-di-bengkel-tak-resmi-yVwE0Wm0U3.jpg Ilustrasi. (Foto: Istock)

JAKARTA – Salah satu kekhawatiran saat hendak servis kendaraan di bengkel tidak resmi adalah biaya membengkak dan dipermainkan oleh montir nakal.

Masalah seperti ini kerap dialami oleh banyak pemilik kendaraan yang memutuskan untuk servis kendaraan di bengkel tak resmi.

Bahkan ada beberapa kasus konsumen merasa tertipu karena sudah bayar lebih mahal kendaraannya malah rusak lebih parah.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari ditipu montir saat servis kendaraan di bengkel.

1. Belajar sedikit tentang dasar mesin

Ilustrasi. (Foto: Istock)

Anda tidak akan jadi korban montir nakal selama mengerti sedikit terkait mesin. Paling tidak, saat ke bengkel, Anda harus mengerti kerusakan apa yang terjadi pada kendaraan.

Pengetahuan Anda yang sedikit tersebut paling tidak akan jadi pengingat untuk montir agar tidak macam-macam dengan Anda, terlebih sampai menipu dengan membuat biayanya membengkak.

Follow Berita Okezone di Google News

Agar tidak jadi korban, Anda bisa belajar atau prediksi kerusakan mesin di internet. Belajarlah sedikit mengenai kerusakan apa yang terjadi pada kendaraan, komponen apa saja yang kira-kira rusak dan perlu dicek lebih lanjut.

2. Datang ke bengkel terpercaya

Ilustrasi bengkel terpercaya. (Foto: Istock)

Dari sekian banyak bengkel, paling tidak Anda harus tahu beberapa bengkel terpercaya yang menjadi langganan Anda. Ketika garansi sudah habis, Anda bisa datang ke bengkel terpercaya.

Bengkel terpercaya itu bisa didapatkan dari teman, saudara, atau orang dekat Anda. Minta rekomendasi kepada mereka bengkel mana yang terpercaya.

Anda juga dapat mendatangi teman, saudara, atau tetangga yang memiliki bengkel. Jika orang terdekat Anda bekerja di bengkel, paling tidak mereka tidak akan menjerumuskan Anda.

3. Survei harga dan cek komponen

Ilustrasi pengecekan komponen. (Foto: istock)

Salah satu cara agar tidak dibohongi montir nakal adalah dengan cara mengetahui komponen yang harus diganti. Cobalah untuk cek di internet berapa harga komponen baik yang original atau KW.

Cari tahu harga masing-masing komponen agar ketika harga yang dikenakan terlalu mahal, Anda bisa berkilah. Anda juga dapat bertanya lebih dulu pada montirnya sebelum memutuskan ganti komponen.

4. Bertanya kepada teman yang mengerti

Ilustrasi. (Foto: Istock)

Jika Anda sama sekali tidak mengerti tentang kendaraan, pastikan untuk tanya kepada orang yang mengerti otomotif. Ajak teman untuk datang ke bengkel, dengan begitu, teman Anda bisa menjelaskan kerusakan yang terjadi.

Cara ini cukup efektif untuk menghindarkan Anda dari kecurangan montir. Membawa orang yang mengerti akan membuat montir tidak berani macam-macam dan tidak akan berani membodohi Anda.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini