Share

6 Tips Berkendara dengan Aman di Luar Negeri

Fidila Anjani, Okezone · Senin 05 Desember 2022 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 87 2721161 6-tips-berkendara-dengan-aman-di-luar-negeri-M4RpaBSelL.jpg Ilustrasi. (Foto: Istock)

JAKARTA – Jika berada di luar negeri, tentu akan lebih mudah mengendarai transportasi umum yang disediakan. Selain praktis, mengendarai transportasi umum relatif lebih aman karena di luar negeri ada perbedaan cara dan budaya berkendara.

Berkendara di Indonesia harus berjalan di lajur kiri, sementara di luar negeri berada di kanan. Hal ini akan menyulitkan jika tidak terbiasa.

Namun, jika terpaksa harus berkendara, maka lakukan beberapa hal berikut agar perjalanan aman dan lancar sampai tujuan.

1. Persiapkan dokumen

Sebelum berkendara di luar negeri, Anda harus benar-benar paham aturan yang berlaku di negara tersebut. Anda harus mempersiapkan dokumen seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional.

Jika Anda belum punya SIM internasional, sebaiknya membuat terlebih dulu dengan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti halnya SIM, paspor, STNK dan asuransi perjalanan.

2. Cek kondisi kendaraan

Sebelum Anda menyewa kendaraan, ada baiknya untuk cek secara menyeluruh kendaraan tersebut agar tidak terjadi kecelakaan.

Pastikan mobil dalam keadaan baik, dan tidak ada kesalahan atau kerusakan besar seperti kebocoran. Selain itu, pastikan bahwa ban diisi dengan tekanan yang benar dan tidak terlalu aus.

3. Siapkan rute perjalanan

Berkendara tanpa rencana pastinya dapat membingungkan dan tidak efektif. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyiapkan rute perjalanan ketika berada di luar negeri.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, bila digunakan pada suhu panas, maka ban musim dingin akan lebih cepat aus dari biasanya karena tidak dimaksudkan untuk penggunaan tersebut.

Karena perjalanan yang tidak direncanakan akan menghabiskan waktu sehingga Anda tidak memiliki banyak tempat wisata yang bisa di datangi.

Saat ini, untuk mengakses rute perjalanan sudah sangat mudah karena telepon pintar Anda bisa langsung mencarinya. Atau Anda bisa meminta teman yang tinggal di negara tersebut untuk menjadi pemandu Anda.

4. Biasakan diri menggunakan setir kiri

Anda harus bisa membiasakan diri sebelum menggunakan kendaraan yang memiliki setir di sebelah kiri. Persiapan bisa dilakukan dengan belajar mengendarai di lapangan, perumahan atau di tempat yang memungkinkan.

Jangan langsung membawa di jalan umum sebelum Anda terbiasa berkendara menggunakan stir kiri dan berjalan di lajur kanan.

5. Perhatikan lingkungan dan cuaca yang berbeda

Bagi orang Indonesia cukup asing dengan salju dan jalanan pegunungan yang berkelok. Karena itu Anda harus mempersiapkan diri agar tidak menimbulkan masalah yang tidak perlu. Ketika salju turun, Anda bisa mengganti ban kendaraan dengan ban khusus musim dingin.

Jenis ban ini terdiri dari kompon karet yang memungkinkan ban musim dingin tetap lentur dan memberikan traksi, bahkan saat suhu turun di bawah tujuh derajat celcius.

Selain itu, jika Anda tidak yakin dengan keadaan sekitar, segera kurangi kecepatan dan jaga jarak aman. Jangan lupa juga untuk selalu mewaspadai rambu-rambu jalan yang menunjukkan jika ada hewan yang menyeberang,

6. Berkendara secara aman

Tips yang terakhir adalah untuk selalu mengemudi secara aman. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mematuhi peraturan, tidak melanggar lalu lintas, dan bersikap sopan dengan pengendara lain.

Selain itu, Anda juga harus mematuhi budaya pengendara negara tersebut agar tidak menghadapi masalah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini