Share

5 Tips Merawat Rantai Motor Trail Agar Awet

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Senin 05 Desember 2022 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 87 2721183 5-tips-merawat-rantai-motor-trail-agar-awet-qnc1pLSWqM.jpeg Rantai motor trail. (Foto: Antara)

JAKARTA – Rantai merupakan salah satu komponen peting motor trail yang perlu dirawat secara berkala. Jika motor trail rajin digunakan melibas medan off-road, maka itensitas perawatannya harus ditingkatkan.

Jika dibandingkan dengan motor biasa, rantai motor trail relatif lebih cepat diganti. Karena, medan yang dilalui motor trail lebih ekstrem dibandingkan motor biasa.

Berikut cara merawat rantai motor trail agar performanya tetap terjaga dan lebih awet.

Agar rantai motor trail lebih awet saat digunakan, ada baiknya memeriksa kondisi rantai usai menggunakan motor trail. Umumnya, rantai pada motor trail dibuat terbuka.

Pastikan rantai dalam kondisi baik sebelum dan sesudah digunakan. Jangan segan-segan untuk mengganti rantai yang sudah mulai aus.

2. Rutin membersihkan rantai

Tujuan dari membuat rantai motor trail terbuka adalah agar lebih mudah dibersihkan usai digunakan. Oleh karena itu, usahakan untuk rajin membersihkan rantai usai menggunakan motor trail.

3. Memberi pelumas khusus

Perawatan penting lainnya adalah dengan memberikan pelumas khusus pada rantai. Jangan gunakan oli bekas untuk membersihkan rantai motor trail.

Follow Berita Okezone di Google News

Kualitas cairan khusus rantai lebih optimal dalam melindungi dari karat dan menjaganya tetap dalam kondisi terbaik.

Gunakan pelumas khusus rantai usai membersihkan motor dan juga saat tidak digunakan atau akan disimpan dalam waktu yang lama.

4. Mengganti gear rantai secara rutin

Kondisi rantai tidak dapat dipisahkan dari gear rantai. Gear yang masih baik kondisinya akan membuat rantai tetap awet.

Mengganti gear pada motor trail penting dilakukan karena gear juga bekerja keras memutar rantai. Usahakan untuk mengganti gear setiap akan mengganti rantai.

5. Mencuci gear setelah terkena air hujan

Agar rantai tetap awet, segera cuci rantai dan gear usai terkena air hujan. Air hujan juga mempercepat proses korosi logam seperti rantai. Jangan pernah menunda mencuci rantai setelah terkena air hujan agar performa rantai tetap terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini