Share

Lexus Punya Proyek Gila: Kembangkan Mobil Listrik Manual

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 52 2721653 lexus-punya-proyek-gila-kembangkan-mobil-listrik-manual-lAxqMIFM1o.jpg Lexus manual. (Foto: Carscoops)

JAKARTA – Lexus mengonfirmasi rencana mengembangkan kendaraan listrik masa depan dengan transmisi manual. Inovasi ini diambil karena saat ini kendaraan listrik hanya tersedia dengan transmisi otomatis.

Dikutip dari CarScoops, alasan pabrikan kendaraan menghadirkan mobil listrik bertransmisi otomatis adalah karena alasan efisiensi. Namun, banyak konsumen di pasaran menginginkan ada mobil listrik dengan transmisi manual.

Chief Engineer di Lexus Electrified Takashi Watanabe mengatakan, gagasan EV manual berawal dari diskusi antara para insinyur Lexus. Para insinyur tersebut membicarakan terkait kendaraan yang mereka sukai pada kendaraan bermesin pembakaran internal.

Meski begitu, pihak Lexus menganggap membuat kendaraan listrik manual adalah proyek yang menyenangkan. Proyek ini bakal dikembangkan selama tiga tahun.

Lexus manual. (Foto: Carscoops)

Teknologi ini bakal dipasang pada beberapa model kendaraan listrik masa depan. Lexus bakal menerapkan transmisi manual pada prototipe mobil listrik Lexus UX300e.

Lexus menyiapkan transmisi simulasi yang membuat pengemudi harus menginjak pedal kopling setiap kali memasukkan gigi atau mesin mobil akan mati.

Follow Berita Okezone di Google News

Simulasi mesin akan diputar di speaker dan memungkinkan pengemudi bisa tahu kapan waktu yang tepat memindahkan gigi.

CEO Lexus Koji Sato mengatakan, model tersebut mengekspresikan ciri khas mengemudi Lexus secara keseluruhan. Harapan dari proyek ini adalah menjadi opsi pada lini mobil listrik berperforma tinggi dari Lexus.

Penerus supercar LFA yang sangat terkenal akan didasarkan pada sasis GT3 kelas motorsport. Mobil ini akan menampilkan suspensi yang agresif, teknologi baterai canggih yang bisa berupa baterai solid-state, motor listrik bertenaga besar yang mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 2 detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini