Share

Berikut Cara Aman Berkendara di Medan Off-road

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 87 2721973 berikut-cara-aman-berkendara-di-medan-off-road-7Cy2N5RcAo.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Tidak semua orang yang dapat mengendarai mobil di jalan raya mampu berkendara di medan off-road. Kerena, mengendarai mobil di medan ekstrem dibutuhkan skill khusus.

Tanpa skill yang memadai, diharapkan untuk tidak mengemudikan kendaraan di medan ekstrem karena dapat membahayakan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat berkendara di medan yang sulit.

Penasaran bagaimana caranya? Simak cara berikut agar aman berkendara di medan off-road.

1. Berkendara dengan kecepatan rendah tapi pasti

Melewati medan ekstrem, kecepatan bukanlah segalanya.hal terpenting adalah mengemudikan kendaraan dengan pelan tapi pasti. Usahakan untuk berkendara sesantai mungkin namun pasti.

Memaksakan diri berkendara dengan kecepatan tinggi di medan off-road dapat membahayakan diri. Karena, banyak halangan dan rintangan yang hanya dapat dilalui dengan teknik berkendara pelan.

2. Pilih rute yang benar

Salah satu persiapan melintasi medan off-road adalah dengan mengetahui rute yang benar. Umumnya, medan off-road berada di alam terbuka sehingga perlu mengetahui rute yang benar.

Mengetahui rute yang benar akan menyelamatkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selama berkendara mengikuti rute, lakukan dengan santai namun pasti agar dapat mengetahui rute dengan baik.

3. Mengikuti jalur yang tersedia

Melewati jalanan ekstrem diwajibkan mengikuti jalur yang tersedia. Tidak disarankan untuk membuka jalur baru karena risiko yang diterima tidak main-main.

Follow Berita Okezone di Google News

Membuka jalur baru sangat membahayakan karena Anda tidak mengetahui rintangan apa yang ada di depan. Oleh karena itu, ikuti jalur yang sudah disarankan.

4. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Hal penting lainnya dari berkendara di medan off-road adalah memastikan kondisi kendaraan prima. Jangan nekat menggunakan kendaraan yang kondisinya buruk.

Sebelum melewati jalur yang ekstrem, pastikan Anda membawa kendaraan ke pakar atau bengkel kendaraan untuk memastikan kondisinya prima.

Pastikan semua persiapan untuk kondisi darurat telah terpenuhi. Selain itu, usahakan untuk melakukan penyesuaian kendaraan untuk mempermudah melalui jalur ekstrem.

5. Gunakan ban yang sesuai

Melibas medan off-road tidak dapat dilakukan dengan ban on-road. Gunakan ban yang sesuai agar tidak menyulitkan Anda selama melintasi jalanan ekstrem.

Telapak ban off-road sangat berbeda dengan ban on-road. Ban off-road telah disesuaikan untuk mempermudah melintasi permukaan jalan yang tidak rata, berlumpur dan berpasir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini