Share

Tips Menghemat Bahan Bakar Motor Matik, Perhatikan Pilihan BBM

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 23:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 87 2722763 tips-menghemat-bahan-bakar-motor-matik-perhatikan-pilihan-bbm-l8XSisdY29.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA – Selain performa kendaraan, alasan orang membeli kendaraan adalah jumlah konsumsi bahan bakar motor tersebut. Semakin irit konsumsi bahan bakarnya, semakin diminati motor tersebut. Lalu, bagaimana dengan motor matik?

Selama ini motor matik dikenal lebih boros BBM jika dibanding motor bebek. Meski relatif lebih boros, namun motor matik diminati masyarakat karena kemudahan operasionalnya dan nyaman digunakan di kota yang macet.

Di masa-masa harga BBM sedang meroket ini, banyak yang mengeluhkan konsumsi bahan bakar motor matik yang relatif lebih boros. Apakah ada cara menghemat bahan bakar motor matik?

Rajin ganti oli mesin

Agar motor matik lebih hemat BBM, maka hal yang harus dilakukan adalah rajin mengganti oli mesin. Oli mesin yang digunakan juga harus sesuai agar tidak merusak komponen mesin.

Karena, oli mesin punya peran penting untuk komponen kendaraan. Selain itu, oli mesin berpengaruh pada proses pembakaran bahan bakar. Ketika seluruh komponen bekerja maksimal, maka konsumsi bahan bakar akan semakin irit.

Memanaskan motor adalah kebiasaan baik agar oli dapat melapisi komponen mesin dengan sempurna. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin antara 3-5 menit.

Namun, ada juga orang yang memanaskan motornya lebih dari lima menit. Jika ingin mengirit bahan bakar, sebaiknya tidak memanaskan motor terlalu lama. Karena, tidak butuh waktu lama agar oli melapisi seluruh komponen mesin.

Follow Berita Okezone di Google News

Rutin bersihkan filter udara

Filter udara juga merupakan komponen penting pada kendaraan yang harus rajin dibersihkan. Komponen ini berfungsi untuk proses pembakaran.

Kebersihan filter menentukan proses pembakaran di ruang mesin. Semakin bersih filter udara, maka pembakaran di dalam mesin semakin sempurna. Oleh karena itu, jika ingin motor lebih irit, sebaiknya rajin membersihkan komponen ini.

Berkendara dengan stabil

Mengubah kebiasaan berkendara juga dapat menghemat bahan bakar. Kebiasaan baik dalam berkendara adalah menarik gas dengan stabil atau tidak naik turun.

Gas yang stabil dapat menghemat bahan bakar motor matik. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak menarik gas terlalu dalam hanya karena buru-buru. Berkendara dengan santai dapat membuat konsumsi BBM lebih irit.

Gunakan BBM dengan oktan tinggi

Menggunakan BBM dengan oktan tinggi relatif lebih irit dibandingkan dengan BBM biasa atau ber-oktan rendah. Jika selama ini Anda sering menggunakan BBM tipe Pertalite maka bergantilah dengan BBM dengan oktan yang lebih tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo.

BBM dengan oktan tinggi membuat tarikan mesin jadi lebih enteng dibandingkan dengan BBM ber-oktan rendah. Selain menghemat konsumsi bahan bakar, BBM dengan oktan tinggi juga membuat kinerja mesin lebih baik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini