Share

Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Mengendarai Mobil Matik di Tanjakan

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 87 2723422 jangan-sampai-salah-berikut-cara-mengendarai-mobil-matik-di-tanjakan-4O7laa9Rb9.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Salah satu kemampuan mengemudi mobil matik yang harus dipahami adalah berkendara di tanjakan yang macet.

Kemampuan ini harus dipahami agar menghindarkan dari kecelakaan. Karena mengemudi di jalan tanjakan relatif lebih susah jika dibandingkan di jalan datar. Berikut tips mengendarai mobil matik di tanjakan.

1. Gunakan fitur overdrive

Saat berada di tanjakan, gunakan fitur overdrive. Fitur ini dapat digunakan jika kondisi kendaraan sedang stabil. Selain untuk mengantre di jalanan menanjak, fitur ini juga berguna untuk menyalip kendaraan di tanjakan.

Cara berikutnya anda dapat memindahkan bagian transmisi dari mode D ke bagian mode L. Memindahkan transmisi dapat menghindarkan mobil berjalan cepat.

Mode L yang digunakan pada transmisi akan memberikan daya lebih maksimal dan mempermudah melewati tanjakan.

Agar lancar mengemudi di tanjakan, usahakan untuk tidak sembarangan menggunakan transmisi. Jika anda sedang berada di posisi yang curam, anda dapat menggunakan transmisi D2 dan jika tanjakan yang dilalui semakin parah maka pindahkan transmisi ke mode D1.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Menggunakan gas dan rem dengan benar

Saat berada di tanjakan, Anda bisa memanfaatkan pedal gas dan rem dengan baik. Saat melewati tanjakan, usahakan untuk tidak terlalu dalam menginjak pedal gas agar kendaraan tidak kehilangan tenaga.

Oleh karena itu, gunakan gas dan rem seperlunya dan lebih banyak memainkan transmisi kendaraan untuk membantu melewati tanjakan yang macet.

5. Terus melatih skill di tanjakan

Kemahiran dalam berkendara tidak hanya soal pengetahuan teknis, tapi juga kepercayaan diri. Agar lebih percaya diri usahakan untuk terus melatih kemampuan berjalan di tanjakan. Sering berlatih dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini