Share

Tips Mudah Merawat Busi Motor, Jangan Gunakan Ampelas

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 87 2723434 tips-mudah-merawat-busi-motor-jangan-gunakan-ampelas-x3Q8KUltIg.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Busi merupakan salah satu komponen penting pada motor. Komponen ini berfungsi untuk memberikan percikan api untuk membakar udara dan bahan bakar yang ada di ruang mesin.

Agar motor tetap dapat bekerja dengan baik, pemilik motor perlu merawat komponen ini agar perjalanan tidak terganggu. Berikut cara mudah merawat busi motor.

1. Cek busi secara berkala

Meski komponen ini jarang rusak, tapi tidak ada salahnya memeriksa komponen ini secara berkala sebelum atau sesudah menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh.

2. Periksa ketebalan kerak pada kepala busi

Bagian penting yang harus diperiksa pada busi adalah di bagian kepalanya. Semakin sering motor digunakan, kepala busi akan semakin kotor atau berkerak.

Kepala busi yang kotor berpengaruh pada performa busi, terutama dalam memberikan tegangan dan juga memberikan percikan api.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Jangan gunakan ampelas membersihkan kerak busi

Membersihkan kerak pada kepala busi sebaiknya tidak dilakukan dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat. Karena, ampelas memiliki zat abrasif yang sama dengan zat di busi.

Apabila keduanya saling bertemu akan terjadi pengikisan pada busi. Oleh karena itu, gunakan sikat gigi biasa untuk membersihkan busi. Selain disikat, semprot busi dengan menggunakan semprotan angin.

4. Periksa kerapatan kepala busi

Perawatan lainnya pada busi adalah memeriksa kerapatan kepala busi. Kepala busi membutuhkan ruang agar dapat bekerja dengan baik. Pastikan kepala busi tidak terlalu renggang dan tidak terlalu rapat.

5. Mengecek busi sesuai ketentuan

Idealnya, busi motor harus segera diganti baru ketika sudah memasuki jarak 2.000-3.000 km. Jika kendaraan sudah mencapai jarak tersebut, berarti performa busi sudah menurun dan butuh segera diganti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini