Share

4 Cara Memilih Busi Mobil yang Benar

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 87 2724037 4-cara-memilih-busi-mobil-yang-benar-xbTuCGn6aA.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Memilih busi mobil memang susah-susah gampang. Terlebih lagi jika Anda tidak punya pengetahuan soal busi. Di sisi lain, busi mobil punya peranan penting dan dapat mempengaruhi performa mobil.

Pemilik mobil tidak bisa sembarangan memilih busi. Pastikan menyesuaikan busi dengan spek dan jenis kendaraan yang digunakan agar hasilnya baik dan tidak mengecewakan.

Agar dapat mengurangi risiko kesalahan memilih busi, Anda bisa mengikuti tips berikut.

Sebelum memilih busi, Anda perlu punya pengetahuan mengenai ukuran busi yang sesuai untuk jenis mobil Anda. Ketidaksesuaian busi dapat mempengaruhi performa.

Busi yang tidak sesuai akan membuat bagian busi lebih cepat kotor. Busi yang tidak pas membuatnya jadi lebih longgar sehingga memudahkan kotoran masuk.

Selain memahami ukuran busi, Anda juga wajib tahu jenis-jenis busi untuk mobil. Ada tiga jenis busi yang perlu anda ketahui yaitu, busi standar, busi iridium, dan busi platinum.

Ketiga jenis busi tersebut memiliki fungsi dan sifat yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk menghindari kesalahan nantinya sebiknya anda sudah mengetahui jenis-jenis busi yang sesuai dengan mesin mobil anda.

Follow Berita Okezone di Google News

Mengetahui angka panas busi

Hal yang wajib diketahui berikutnya adalah angka panas busi. Angka panas busi harus sesuai dengan jenis spek mesin mobil anda. Angka panas yang terlalu besar berdampak pada lamanya waktu pemakaian atau relatif cepat rusak.

Memperhatikan fisik busi

Agar tidak salah, usahakan untuk memastikan bentuk busi tersebut. Hal ini berguna untuk mengetahui kondisi busi tersebut. Umumnya, busi yang sehat bentuknya seperti gasket atau ring tidak mudah lepas. Sedangkan bagian kontruksi ujung elektrodanya sangat rapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini