Share

Waspadai Rem Cakram Mengunci Tiba-tiba, Segera Lakukan Perawatan Ini

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Senin 02 Januari 2023 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 87 2738945 waspadai-rem-cakram-mengunci-tiba-tiba-segera-lakukan-perawatan-ini-1TCMOw6df1.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Rem cakram merupakan salah satu perangkat keamanan motor. Komponen ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Namun, yang patut diwaspadai adalah ketika rem cakram mengunci secara tiba-tiba.

Kondisi ini berbahaya bagi pengendara karena dapat menimbulkan kecelakaan. Rem cakram mengunci dapat terjadi karena banyak faktor, terutama kotoran yang memicu terjadinya pengapuran.

Kotoran bisa dengan mudah masuk karena posisi cakram tidak terlindung sehingga memungkinkan kotoran bersama air masuk dengan leluasa.

Selain itu, penyebab rem cakram mengunci adalah beberapa komponen penunjangnya sudah aus. Kemudian piston, seal master rem, karet boot kapiler juga dapat jadi penyebab rem cakram mengunci.

Berikut lima cara merawat rem cakram agar tidak mengunci secara tiba-tiba dan membahayakan pengendara.

Membersihkan dari kotoran

Membersihkan rem dari debu atau kotoran usai pemakaian dapat menghindarkan rem cakram mengunci secara tiba-tiba. Usai menggunakan kendaraan, tidak ada salahnya membersihkan bagian ini agar rem cakram dapat bekerja secara optimal.

Menggunakan spare part original

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah rem cakram mengunci adalah dengan membeli spare part original. Spare part KW terbukti cukup rawan macet atau mengunci secara tiba-tiba.

Selain itu, spare part rem cakram original relatif lebih awet jika dibandingkan dengan yang KW.

Follow Berita Okezone di Google News

Perawatan kaliper rem

Agar dapat menghindari rem cakram mengunci adalah dengan cara mengecek secara berkala kondisi kaliper rem. Karena, komponen ini menjadi biang kerok masalah rem cakram mengunci. Oleh karena itu, pastikan kondisi kaliper rem dalam kondisi baik.

Memantau ketersediaan minyak rem

Perawatan rem cakram yang harus dilakukan adalah dengan mengecek ketersediaan minyak rem. Fungsi minyak rem adalah melumasi komponen rem. Usahakan untuk memilih minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Mengecek karet boot kaliper

Perawatan terakhir adalah mengecek karet boot kapiler. Seperti dijelaskan sebelumnya, komponen ini juga menjadi penyebab rem cakram mengunci secara tiba-tiba. Pastikan komponen ini dalam kondisi baik agar rem cakram dapat bekerja secara optimal.

Berikut beberapa tips untuk mencegah rem cakram mengunci tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini