Share

Tak Perlu Buru-buru Ganti Oli Usai Perjalanan Jauh, Kok Bisa?

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 03 Januari 2023 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 87 2739161 tak-perlu-buru-buru-ganti-oli-usai-perjalanan-jauh-kok-bisa-y0Z3f1mwo0.JPG Ilustrasi. (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA – Mobil merupakan salah satu transportasi yang cocok digunakan untuk bepergian jarak jauh. Sebelum digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan perlu mengecek kondisi oli mesin mobil.

Pengecekan oli mobil perlu dilakukan untuk memastikan mobil dapat bekerja dengan performa baik selama digunakan. Karena, oli mesin berfungsi untuk melumasi setiap komponen mesin dan meminimalisasi gesekan antar komponen yang membuatnya cepat aus.

Pemilik kendaraan juga kerap diminta untuk mengganti oli mesin usai melakukan perjalanan jauh. Namun, benarkah oli mesin harus diganti usai melakukan perjalanan jauh sebagaimana yang diyakini banyak orang?

“Kita bisa melihat atau mengecek dari kondisi oli dan waktu gantinya, kalau memang sudah mendekati waktu ganti atau kondisinya sudah jelek sebaiknya diganti agar performa mesin lebih prima,” kata Ponty, saat dihubungi MNC Portal, Senin (2/1/2023).

Menurutnya, hal yang perlu dilakukan sebelum perjalanan adalah perlu mengecek volume dan kondisi oli. Apabila kondisi oli masih bagus namun volumenya berkurang, kata Ponty, maka pemilik kendaraan hanya perlu menambahkan oli.

Jika kondisi lalu lintas alami kepadatan parah dengan kondisi stop and go di sepanjang perjalanan, kata dia, maka penggantian oli perlu dilakukan setelah kembali dari liburan demi menjaga kondisi mesin tetap prima.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kalau memang macet sampai berjam-jam dan jarak perjalannya cukup jauh, memang alangkah baiknya oli mesin diganti untuk menjaga kondisi mesin tetap optimal,” ucap Ponty.

Selain melakukan pengecekan oli, Ponty juga menyarankan agar pemilik mobil melakukan pengecekan pada komponen lainnya, terutama sebelum melakukan perjalanan agar kendaraan lebih nyaman saat digunakan.

“Bukan hanya pengecekan oli, ini juga wajib didukung dengan pengecekan komponen yang lain apabila ingin melakukan perjalanan jauh. Ini untuk memastikan perjalanan terasa aman dan nyaman,” ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini