Share

Tips Aman Mengendarai Motor saat Macet

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Rabu 04 Januari 2023 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 04 87 2739981 tips-aman-mengendarai-motor-saat-macet-NFDXXE4Rmn.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA – Meski sudah mengendarai motor matik, namun kemacetan tetap dapat mengakibatkan kehilangan fokus, kelelahan, konsentrasi berkurang dan boros bahan bakar. Oleh karena itu, pengendara wajib tahu cara mengendarai motor saat macet untuk mengurangi dampak tersebut.

Menghadapi kemacetan butuh skil khusus. Pengendara motor matik, terutama yang tinggal di kota, wajib tahu untuk mengurangi dampak dari kemacetan. Berikut tips mengendarai motor saat macet.

1. Memfungsikan gas dan rem dengan tepat

Pengendara motor matik harus cerdas dalam mengunakan gas dan rem. Usahakan untuk tidak menarik gas secara berlebihan agar tidak boros bahan bakar. Selain boros bahan bakar, menarik gas berlebihan ketika jalanan sedikit lengang berisiko menabrak pengendara lain di depan.

2. Memperhatikan kaca spion

Kaca spion memiliki peran yang penting dalam semua kondisi jalan, termasuk ketika macet. Pengendara wajib awas terhadap kondisi di depan dan belakang. Spion memungkinkan pengendara untuk melihat posisi kendaraan di belakang.

Kenyamanan saat berkendara ditentukan oleh postur tubuh yang benar. Postur tubuh yang benar adalah mengusahakan pundak serileks mungkin dan pandangan bisa lurus serta tetap dapat melihat ke belakang melalui spion.

Follow Berita Okezone di Google News

Posisi yang benar ketika berkendara di tengah kemacetan adalah dengan duduk tepat di tengah jok, tangan sigap pada gas dan rem serta kaki siaga.

4. Menjaga jarak aman

 Tips mengendarai motor saat macet adalah dengan cara menjaga jarak aman kendaraan dengan kendaraan lain. Menjaga jarak penting dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan di depan tidak dapat kontrol.

Menjaga jarak juga penting dilakukan ketika berada di belakang truk atau mobil, terutama ketika terjadi kemacetan di turunan.

Manfaat menjaga jarak adalah mengetahui kondisi jalan yang belum dilewati. Hal ini juga penting untuk dilakukan ketika berada di belakang mobil. Karena, bisa saja di depan ada lubang yang tidak diketahui.

5. Tetap fokus

Tips mengendarai motor saat macet berikutnya adalah tidak boleh lengah. Kemacetan bukan jadi alasan pengendara mengurangi konsentrasi. Karena, justru pada kondisi ini fokus pengendara biasanya menurun dan terjadi kelelahan.

Pengendara harus meningkatkan fokus pada kemacetan di belokan dan jalanan menanjak. Karena, kondisi jalan seperti ini rawan kecelakaan.

Berikut tips mengendarai motor saat macet yang dapat diterapkan pengguna jalan. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini