Share

TMC: Penjualan Kendaraan Tetap Stabil Tapi Melorot di Jepang

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Kamis 05 Januari 2023 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 52 2741043 tmc-penjualan-kendaraan-tetap-stabil-tapi-melorot-di-jepang-cBJK8IoZk7.png Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA โ€“ Toyota Motor Corp (TMC) mengumumkan penjualan kendaraan pada periode Januari-November 2022 lebih dari 9,5 juta unit. Pabrikan mobil asal Jepang itu menilai, jumlah tersebut relatif stabil.

Dikutip dari Antara, penjualan kendaraan Toyota di pasar lokal Jepang justru melemah. Toyota menyebut, penurunan penjualan hingga sekitar 9,6% atau sekitar 1,7juta unit kendaraan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Pihak Toyota menyebut, penjualan kendaraan secara global meningkat pesat pada November 2022. Bahkan, peningkatan terebut melampaui penjualan Toyota di bulan yang sama di tahun 2021.

โ€œSelain rebound dari dampak kekurangan pasokan suku cadang terkait penyebaran Covid-19 di Asia Tenggara pada tahun sebelumnya,โ€ kata Toyota, dikutip dari Antara, Kamis (5/1/2023).

Toyota menyebut, penjualan kendaraan pada tahun ini bakal sulit diprediksi karena masih dihantui berbagai kelangkaan chip semikonduktor. Kondisi ini tidak hanya dialami Toyota, tapi juga semua produsen kendaraan.

Follow Berita Okezone di Google News

Meski begitu, Toyota mengaku pihaknya bakal memantau situasi pasokan suku cadang serta meminimalisasi penurunan produksi kendaraan. Toyota juga berjanji bakal mempercepat pengiriman kendaraan dalam jumlah banyak dan cepat kepada pelanggan.

Selain itu, peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara juga bakal diwaspadai karena dapat mempengaruhi ekonomi dan penjualan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini