Share

Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash, Boleh Dicoba

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Kamis 05 Januari 2023 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 87 2740611 tips-membeli-mobil-baru-secara-cash-boleh-dicoba-t5SeHXZ6Rm.jpg Ilustrasi membeli mobil baru. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Membeli mobil merupakan impian setiap orang. Terlebih lagi ketika mampu membeli mobil secara cash atau tunai. Pada dasarnya mobil merupakan kebutuhan tersier yang harganya cukup mahal. Jika tak pintar mengatur keuangan Anda akan kesulitan membelinya.

Lalu, bagaimana cara membeli mobil secara cash di tengah minimnya penghasilan? Dikutip dari Lifepal, berikut langkah-langkah yang bisa dicoba untuk membeli mobil secara cash.

Menyisihkan setengah penghasilan

Tips pertama adalah menyisihkan 50% dari jumlah penghasilan yang didapat setiap bulannya. Bagimana caranya? Begini, jika anda memiliki gaji 10 juta maka anda bisa menyisihkan 5 juta setiap bulannya.

Menjual aset atau harta yang tidak terurus

Jika anda memiliki aset harta yang banyak, namun tidak terurus? Mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membeli mobil secara cash.

Apabila harga yang didapat tinggi dan cukup, maka anda bisa membeli mobil secara cash. Namun, jika harga yang didapat masih kurang maka sebaiknya anda perlu sedikit sabar dan menabung untuk sampai ke jumlah harga yang dibutuhkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Menyisihkan uang setiap bulan

Langkah selanjutnya adalah dengan cara menyisihkan uang Rp1 juta setiap bulannya. Langkah ini berguna untuk anda yang memiliki gaji masih rendah atau sekitaran UMR. Hal ini harus dilakukan secara rutin tiap bulannya, supaya cepat terkumpul jumlah uang yang dibutuhkan.

Memang diperlukan kesabaran dalam tahapan ini karena memakan waktu yang cukup lama. Namun, jika rajin mengumpulkan sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Dengan begitu, anda bisa membeli mobil baru secara cash tanpa kredit.

Memastikan dana sesuai

Biasanya sebelum membeli mobil, anda dapat melihat jenis mobil yang anda inginkan. Pada jenis-jenis mobil tersebut, biasanya sudah diberikan refrensi harga untuk menjadi tumpuan anda mengeluarkan jumlah biaya dana yang dibutuhkan.

Sebaiknya, anda memilih mobil yang memiliki harga tidak terlalu mahal supaya anda memiliki dana sisa yang bisa digunakan untuk keperluan service berkala, mengurus asuransi, dan perlengkapan mobil lainnya.

Dengan begitu, anda akan mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk dapat membeli mobil baru secara cash.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini