Share

Jangan Nekat! Begini Cara Menyalip Truk dan Bus dengan Aman

Muhammad Fahrul Rozi, Okezone · Selasa 10 Januari 2023 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 87 2743817 jangan-nekat-begini-cara-menyalip-truk-dan-bus-dengan-aman-aCO1mABHWm.jpg Ilustrasi mendahului truk dengan aman. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Salah satu pengetahuan yang wajib dipahami pengendara di jalan adalah cara menyalip truk dan bus dengan Aman. Tanpa memiliki pengetahuan mendahului kendaraan besar dapat berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Ukuran truk dan bus yang cukup besar di jalan membahayakan jika didahului secara sembarangan, terlebih ketika jalan raya yang akan digunakan untuk menyalip relatif kecil.

Bahaya menyalip truk dan bus tanpa perhitungan yang matang mengakibatkan kecelakaan, baik karena truk atau bus dan juga karena pengendara lain dari arah berlwanan. Berikut cara menyalip truk dan bus dengan aman.

Sebelum mendahului truk dan bus, pastikan pengendara mengetahui kondisi jalan. Menyalip atau mendahului truk dan bus di lalu lintas yang ramai berbahaya untuk dilakukan.

Pastikan kondisi jalan di arah berlawanan sedang sepi sehingga bisa menyalip dengan mudah truk atau bus di depan.

2. Memperhatikan jarak dan kendaraan

Jika dari arah berlawanan sudah lumayan sepi, sebaiknya perhatikan posisi kendaraan yang ingin didahului. Kendaraan besar, terutama kendaraan lama, memiliki jarak pandang terbatas.

3. Mengatur tenaga mesin

Sebelum mendahului, pastikan pengendara menyiapkantenaga besar dari jarak jauh. Tujuannya adalah agar dapat melewati bus dan truk di depan dengan cepat sehingga lebih aman.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Beri klakson

Saat mendahului, pastikan untuk memberi klakson agar truk atau bus yang akan didahului mengerti kendaraan yang akan mendahuluinya. Jika truk dan bus tahu ada pengendara lain ingin mendahuluinya, maka truk dan bus akan menyesuaikan posisinya.

5. Menyalakan lampu sein

Menyalakan lampu sein adalah untuk memberi informasi kepada pengendara lain jika akan mendahului. Usahakan lampu sein dinyalakan di jarak aman atau cukup jauh agar kendaraan lain di belakang atau di depan tahu kemana laju kendaraan yang mendahului truk atau bus. Berikut cara mendahului truk dan bus dengan aman. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini