Share

Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp30 Jutaan, Sudah Bisa Dapet SUV

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 11 Januari 2023 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 11 52 2744243 pilihan-mobil-bekas-di-bawah-rp30-jutaan-sudah-bisa-dapet-suv-Nkqh8P9roB.jpeg Ilustrasi. (Foto: Instagram/@mitsubishigalantindonesia)

JAKARTA – Salah satu cara mendapat mobil bekas di bawah Rp30 jutaan adalah dengan cara membeli mobil bekas. Di pasar mobil bekas, ada banyak varian kendaraan yang bisa didapatkan.

Meski begitu, ada hal yang perlu dipahami dalam hal membeli mobil bekas murah, antara lain, tahun produksi dan juga kondisi mobil tersebut.

Mobil murah yang ada di pasar mobil bekas biasanya sudah berumur tua. Sedangkan untuk kondisinya bisa dibilang sedikit jauh dari standar atau dengan kata lain, banyak upaya yang perlu dilakukan agar mobil tersebut bisa kembali layak pakai.

1. Mitsubishi Galant V6 2.5 MT 2003 Rp20 Jutaan

Mobil pertama adalah Mitsubishi Galant yang memiliki desain sangat sporty, mengusung model ikan hiu. Mobil yang keluar pada tahun 2000-an ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 jutaan. Selain itu, mobil ini juga cocok untuk anak muda.

Mitsubishi Galant V6 2.5 MT juga dibekali mesin yang mumpuni, yakni V6 berkubikasi 2.498 cc yang dapat menghasilkan tenaga 163 hp pada putaran 5.750 rpm dan torsi puncak 223 Nm pada 4.500 rpm.

Mengenai harga, berdasarkan laman jual beli mobil online saat ini Mitsubishi Galant V6 2.5 MT dibanderol Rp28 jutaan. Harga tersebut bisa saja lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari kondisi mobil.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Toyota Coron 2.0 Sedan 1992 Rp28 Jutaan

Mobil yang satu ini juga kerap menjadi incaran banyak orang karena memiliki mesin yang bandel. Toyota Corona juga memiliki banyak fitur yang membuatnya menjadi mobil cukup mewah di zamannya.

Tetapi, Toyota Corona juga memiliki kelemahan, yaitu pada kipas pendingin yang masih menggunakan motor. Ini kerap terjadi overheat saat melewati tandakan dan penggunaan AC saat kondisi jalan macet.

Namun, biaya komponen yang perlu diganti juga memiliki harga yang relatif murah apabila kerusakan dapat terdeteksi lebih cepat. Jika tidak, maka pemilik bisa merogoh kocek lebih dalam karena kerusakan bisa merembet ke komponen lain.

Berdasarkan yang tersebar di laman jual beli mobil bekas online, Toyota Corona 2,0 1992 dibanderol Rp28 jutaan. Ada juga yang menjual harga di atasnya dengan kondisi mobil yang sangat mulus.

3. Honda Accord 1992 Rp25 jutaan

Bagi yang ingin merasakan kemewahan, Honda Accord bisa menjadi pilihan. Mobil keluaran tahun 1992 dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Mobil ini juga memiliki pilar ramping untuk memastikan visibilitas yang untuk pengemudi. Platform teknis tidak biasa dari masa itu juga terpasang pada mobil ini, menampilkan suspensi depan double-wishbone dan multi-link di belakang.

Honda Accord 1992 ditawarkan dengan tiga varian pilihan mesin, yakni 1.8, 2.0, dan 2.2, yang seluruhnya memiliki opsi transmisi manual dan matik. Harga kondisi bekas yang ditawarkan juga berbeda pada setiap variannya.

Untuk tipe terendah, yakni Honda Accord 1.8 dipasarkan mulai Rp25 jutaan tergantung kondisinya. Sementara untuk tipe di atasnya dibanderol mulai Rp35 jutaan.

4. Suzuki Katana 1.0 MT 1988 Rp30 Jutaan

Suzuki Katana cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Berkat modelnya yang gagah memungkinkan memberi pengalaman ekstra untuk para pengendara. Mobil ini juga memiliki pencintanya tersendiri, yang membuat mobil ini kerap menjadi incaran kolektor.

Kendati begitu, populas Suzuki Katana di Indonesia masih sangat banyak, sehingga harga jual bekasnya tidak terlalu tinggi. Namun, unit yang didapatkan dalam kondisi “bahan” atau masih memerlukan perbaikan dan pemasangan aksesoris tambahan.

Mobil ini juga masuk dalam segmen Mini SUV yang pastinya memiliki tenaga besar, meski dibekali mesin yang kecil. Oleh karena itu, Suzuki Katana kerap diandalkan pada setiap kegiatan offroad untuk menaklukkan medan terjal.

Berdasarkan pantauan di laman jual beli mobil bekas online, Suzuki Katana keluaran tahun 1988 dengan kondisi bahan dibanderol Rp30 jutaan. Apabila berminat membeli yang sudah siap “tempur”, maka harus mempersiapkan uang Rp80 jutaan.

5. Opel Blazer 1997 Rp30 Jutaan

Opel Blazer bisa dikatakan sebagai mobil SUV yang cukup sukses di pasar otomotif di Indonesia sejak tahun 1996. Mobil ini dibekali mesin 2.200 cc SOHC yang diikuti dengan kemunculan mesin DOHC dengan tenaga yang lebih besar.

SUV ini memiliki ruang kabin yang besar dan bagasi yang cukup luas. Mobil ini sangat bisa diandalkan bagi yang memiliki keluarga besar, karena memiliki suspensi yang cukup nyaman.

Saat ini, Opel Blazer 1997 dipasarkan dengan harga Rp30 jutaan tergantung kondisi terakhir mobil tersebut. Harganya juga bisa lebih murah apabila ada kerusakan dan perlu penggantian komponen.

6. Kijang Kapsul 2.4L Diesel LGX 2001 Rp28 Juta

Kijang kapsul menjadi mobil bekas yang sangat direkomendasikan apabila pemilik tak ingin direporkan dengan sejumlah perbaikan yang perlu dilakukan ke depannya. Pasalnya, mobil ini memiliki mesin yang bandel, khususnya varian diesel, dan minim perawatan.

Mobil jenis MPV ini juga memiliki kabin yang cukup luas dan juga sudah menggunakan AC double blower. Untuk varian mesin diesel, mobil ini juga dikenal sangat irit tapi pengisian bahan bakar perlu diperhatikan agar tangki tak “masuk angin”.

Untuk harga Kijang 2.4L Diesel LGX keluaran tahun 2001 dibanderol mulai dari Rp28 juta dengan bentuk fisik yang mulus.

Perlu diingat, dalam membeli mobil bekas juga perlu didampingi oleh seseorang yang ahli dalam urusan mesin dan kaki-kaki. Terutama untuk mobil bekas dengan umur tua yang biasanya memiliki masalah paling banyak pada bagian kaki-kaki mobil.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini