Share

Sejarah PO Kalisari, Pionir Bus Patas di Jawa Timur

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Jum'at 13 Januari 2023 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 13 52 2745895 sejarah-po-kalisari-pionir-bus-patas-di-jawa-timur-2MmCsrsshk.jpg Sejarah PO Kalisari. (Foto: Instagram/@kalisaricitrajaya)

SEJARAH PO Kalisari bermula dari pendirian PT. Kalisari Citra Jaya di Jalan Kalisari, Surabaya, Jawa Timur, pada 1 September 1961. Di awal pendiriannya, perusahaan otobus ini hanya memiliki 23 armada. 

Pada awal pengoperasiannya, Kalisari menggunakan bus Thames Trader 40 Series produksi Ford Motor, pabrikan otomotif asal Dagenham, Inggris. Bus tersebut memiliki tampilan unik dengan bonet alias moncong dengan jendela geser kecil. 

Sejarah PO Kalisari. (Foto: Instagram/@kalisaricitrajaya)

Sejarah PO Kalisari. (Foto: Instagram/@kalisaricitrajaya)

Selain bus klasik tersebut, sepanjang 1961-1980, Kalisari mengoperasikan lima tipe bus lainnya, seperti Mercedes Benz L3000, Dodge L500, Superior Coach Bedforch TK Series,Chevrolet C50, dan GMM 0 360 Mercedes Benz OF 1113. 

Kalisari tumbuh sebagai pionir bus patas di Jawa Timur dengan trayek awal Kalisari Surabaya-Malang dan Surabaya-Madiun. Namun khusus trayek Surabaya-Madiun hanya dioperasikan PO bus ini setiap libur Natal, Tahun Baru, dan Lebaran saja. 

Sejarah PO Kalisari. (Foto: Instagram/@kalisaricitrajaya)

Sejarah PO Kalisari. (Foto: Instagram/@kalisaricitrajaya)

Meski tidak pernah membuka layanan angkutan Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP), namun Kalisari tetap eksis di genre Antar Kota dalam Provinsi (AKdP). PO bus ini bahkan tercatat sebagai penguasa trayek Surabaya-Malang. 

Menariknya, selain bus AKdP, PO Kalisari juga melebarkan sayapnya ke Kalimantan Timur sebagai bus jemputan karyawan tambang di Kabupaten Kutai Barat dan karyawan di PT Kaltim Prima Coal, Kutai Timur.*

BACA JUGA: 5 PO Bus Punya Sopir Cantik, Ada Mama Muda Asal Wonogiri

BACA JUGA: Deretan PO Bus Jadul di Indonesia, Ada yang Beroperasi Sejak Tahun 1960

 

Follow Berita Okezone di Google News

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini