Share

Cerita di Balik Kuburan Bus Terbesar di Indonesia

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2023 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 18 86 2748848 cerita-di-balik-kuburan-bus-terbesar-di-indonesia-rm2wC4zza9.jpg Kuburan bus terbesar di Indonesia yang ada di Dramaga, Bogor. (Foto: Okezone)

ADA beberapa kuburan bus terbesar di Indonesia yang menampung sekitar 483 unit bus. Selain di Dramaga, Bogor, Jawa Barat, kuburan bus lainnya terdapat di Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. 

Lalu apa yang terjadi dengan ratusan bus terbengkalai itu? Mereka ‘dibuang’ karena proses pengadaannya bermasalah pada 2013. Perusahaan penyedia bus tersebut dinyatakan pailit dan pengelolaannya diserahkan pada Pemprov Jakarta. 

Kuburan bus terbesar di Indonesia yang terdapat di Ciputat, Tangsel. (Foto: Okezone)

Kuburan bus terbesar di Indonesia yang terdapat di Ciputat, Tangsel. (Foto: Okezone)

Kini, kondisi ratusan bus yang ada di Dramaga tampak sudah tak lagi layak. Kaca depannya tertempel kertas bertuliskan, ‘Budel Pailit PT Putera Adi Karyajaya (dalam pailit) putusan perkara Nomor 21/PDT.SUS-Pailit/2018/PN Niaga Jkt Pst, pada 20 September 2018.’ 

Sementara kuburan bus yang ada di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan menampung bus Transjakarta yang merupakan hasil kerjasama Pemprov Jakarta dan PT Industri Kereta Api Indonesia. 

Kesepakatan awal, INKA mengirimkan 36 unit bus Transjakarta setelah Pemprov DKI Jakarta membayarkan uang muka sebesar Rp110 miliar. Namun setelah uang muka dibayarkan, armada yang dijanjikan tak pernah dikirimkan hingga 2019. 

Kuburan bus terbesar di Indonesia yang terdapat di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Okezone)

Kuburan bus terbesar di Indonesia yang terdapat di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Okezone)

Pemprov DKI Jakarta sempat menuntut pengembalian uang muka, namun tak mendapat sambutan hangat dari INKA. Di lain pihak INKA mengklaim, tak pernah menerima pembatalan kontrak dari Pemprov DKI Jakarta.*

BACA JUGA: Deretan PO Bus yang Tawarkan Tarif Murah dengan Layanan Eksklusif

BACA JUGA: Sejarah PO Pelita Paradep, dari Bisnis Taksi Jadi Bus Kebanggaan Warga Siantar

 

Follow Berita Okezone di Google News

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini