Share

Ternyata Bodi Bus Asli Indonesia Ini Mirip dengan Bus Luar Negeri, Menyontek?

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Jum'at 20 Januari 2023 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 52 2750099 ternyata-bodi-bus-asli-indonesia-ini-mirip-dengan-bus-luar-negeri-mencontek-UnM6o4LSV6.jpeg PO Sugeng Rahayu dengan karoseri Legacy. (Foto: Instagram/@muhammadfqi)

JAKARTA – Selain punya harga murah, salah satu sisi menarik bus ada pada bagian bodi atau karoseri yang digunakan. Pecinta bus akan mengingat bus berdasarkan bodi yang digunakan.

Karena pada bodi tersebut terdapat kemewahan layanan dari perusahaan otobus (PO bus) tersebut. Bodi tersebut dibuat oleh perusahaan karoseri atau pembuat bodi kendaraan.

Bodi bus yang Bodi bus di Indonesia dibangun secara terpisah dengan bagian sasis bus. Jika ingin membeli bus, ada dua hal yang harus dilakukan, pertama beli sasis dan kemudian memesan sekaligus memasang bodi bus di perusahaan karoseri.

Berikut daftar 10 bodi bus yang diduga mirip dengan bodi bus di luar negeri. Berikut daftarnya.

1. Avante HDD

Bodi Avante HDD diproduksi oleh karoseri Tentrem ketika di Indonesia sedang demam bodi Super High Decker (SHD). Bus ini punya ciri yang khas, yakni kaca bagian depan yang jenong.

2. Scorpion King

Bodi bus berikutnya yang diduga terinspirasi dari karoseri di negara lain adalah Sconpion King yang diproduksi oleh karoseri Tentrem. Karoseri ini diduga memiliki kemiripan dengan karoseri Scania Touring.

3. Grand Tourismo Double Decker

Grand Tourismo Double Decker juga memiliki kemiripan dengan bodi bus buatan Jerman, yakni Setra S 531 DT. Bus ini memiliki kemiripan yang cukup banyak, bahkan di bagian komponen terkecilnya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Cityliner

Bodi bus buatan karoseri Nusantara Gemilang merupakan kerja sama antara PO Nusantara dan perusahaan karoseri dari Malaysia. Cityliner diduga terinspirasi dengan bus Gemilang Coach Malaysia.

5. Zonda Bus

Bus berikutnya yang memiliki kemiripan dengan bus lain di luar negeri adalah Zonda Bus. Bus buatan Morodadi Prima ini punya bodi yang kurang tenar di masyarakat dan pengusaha bus. Bus ini dianggap meniru bus buatan Jepang yang diperkenalkan Hino.

6. Grand Tourismo

Grand Tourismo adalah bus buatan dari karoseri Morodadi Prima. Bodi bus yang diproduksi perusahaan karoseri ini terinspirasi dari bodi bus Mercedes-Benz Tourismo Coach. Kemiripan itu bisa dilihat pada lengkungan dari atas ke bawah dan menyatu dengan spion bus.

7. Skyliner

Skyliner merupakan bodi bus buatan karoseri Rahayu Sentosa. Siapa sangka bus ini terinspirasi dari bodi bus produk Brasil.

8. Legacy

Brendan’s Legacy adalah tipe tertinggi yang diproduksi oleh karoseri Laksana. Cirinya adalah memiliki pilar C yang menyerupai huruf L ke belakang. Model ini diduga terinspirasi oleh varian king long asal China. Namun bedanya buatan China nampak lebih kaku dan kurang banyak di detail.

9. Avante Double Decker

Karoseri buatan Tentrem ini sangat mencirikan bodi bus buatan luar negeri. Bus ini sekilas mirip dengan bus Neoplant Skyliner terutama jika dilihat dari sisi samping.

10. Jetbus

Berikutnya, bodi bus yang diduga mirip dengan bus di luar negeri adalah Jetbus buatan Adiputro. Dari sekian banyak tipe, Jetbus adalah yang paling terkenal di antara masyarakat dan pecinta bus di Indonesia.

Siapa sangka bodi Jetbus ini diduga mirip dengan salah satu karoseri mitra Mercedes-Benz dan juga Mercedes-Benz Travego. Kemiripan bisa dilihat pada bodi Jetbus 2+ dan Jetbus 3 Series.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini