Share

PO Bus yang Punya SPBU Sendiri, Nomor 3 Tersebar di Jawa dan Sumatera

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 20 Januari 2023 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 86 2749954 po-bus-yang-punya-spbu-sendiri-nomor-3-tersebar-di-jawa-dan-sumatera-qcYQzRgNHR.jpg PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Rosalia Indah/Instagram/@firdy_muhammad)

ADA PO bus yang punya SPBU sendiri untuk memudahkan pelayanan dan operasional armada mereka. Keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ini sekaligus menjadi ekspansi bisnis PO bus terkait. 

Kali ini, Okezone akan membahas deretan PO bus yang punya SPBU sendiri sebagai berikut.

1.PO Sumber Alam

Cikal bakal berdirinya PO Sumber Alam bermula dari PO Tresno yang dirintis oleh Thung Tjie Hing pada 1969. Perusahaan ini lalu diturunkan kepada anak-anaknya dan berubah menjadi PO Hidup Baru. 

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Sumber Alam/Instagram/@rzky.sesukngoyod_)

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Sumber Alam/Instagram/@rzky.sesukngoyod_)

Barulah pada 1975 perusahaan tersebut berubah nama menjadi PO Sumber Alam setelah dipegang oleh Judi Setijawan Hambali yang merupakan cucu dari Thung Tjie Hing. 

Bisnis PO Sumber Alam yang pada awal pendiriannya hanya memiliki enam armada itu kini telah berkembang pesat. Selain terus menambah armada, PO bus ini juga berekspansi dengan membuka SPBU dan rumah makan. 

2.PO Haryanto

PO bus yang punya SPBU sendiri selanjutnya ada PO Haryanto yang didirikan Haji Haryanto, pada 2002. Perusahaan asal Kudus, Jawa Tengah itu memulai bisnisnya bermodalkan enam bus dengan rute Cikarang-Cimone. 

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Haryanto/Instagram/@sam_kukuh24)

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Haryanto/Instagram/@sam_kukuh24)

Haji Haryanto kemudian mengembangkan bisnisnya dengan membuka trayek ke luar Pulau Jawa. Tak hanya itu, dia juga memperkuat lini bisnisnya dengan membuka SPBU, rumah makan, dan garasi raksasa dengan fasilitas lengkap. 

BACA JUGA: Deretan PO Bus yang Tawarkan Tarif Murah dengan Layanan Eksklusif

BACA JUGA: 7 PO Bus Paling Terkenal di Jawa Barat, Paling Jago Bikin Penumpang Nyaman

Follow Berita Okezone di Google News

3.PO Rosalia Indah

PO Rosalia Indah didirikan oleh pasangan suami istri bernama Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso, sekitar tahun 1983. Pasangan ini memulai bisnis transportasinya hanya dengan satu armada menggunakan sasis Colt Diesel AD 9866 A dengan rute Solo-Blitar. 

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Rosalia Indah/Instagram/@hisyam_2542)

PO bus yang punya SPBU sendiri. (Foto: PO Rosalia Indah/Instagram/@hisyam_2542)

Bisnis PO Rosalia Indah kian berkembang dan pada 1991 perusahaan ini mengubah layanannya menjadi AKAP dan memperluas trayeknya. Bisnis yang sangat berkembang membuat Yustinus semakin gencar berekspansi. 

PO Rosalia Indah juga bermain di bisnis SPBU yang tersebar dari Pulau Jawa hingga Sumatera. Itulah daftar PO bus yang punya SPBU sendiri.*

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini