Share

5 PO Bus Legendaris yang Masih Eksis hingga Kini, Mana Favoritmu?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 22 Januari 2023 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 52 2750785 5-po-bus-legendaris-yang-masih-eksis-hingga-kini-mana-favoritmu-sltUka1Btn.JPG Bus Lorena (Foto: Instagram/@lorenatransport)

SEDIKITNYA terdapat 5 PO bus legendaris yang masih beroperasi hingga saat ini. Bus merupakan transportasi darat yang memiliki banyak peminat di Indonesia.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak Perusahaan Otobus (PO) sejak dahulu. Sayangnya, ada beberapa PO legendaris yang harus gulung tikar karena tak bisa mempertahankan eksistensinya.

Sebaliknya, terdapat 5 PO bus legendaris yang masih beroperasi hingga saat ini. Apa saja ya?

1. PO Rosalia Indah

Rosalia Indah merupakan perusahaan otobus yang didirikan oleh Yustinus Suroso dan Yustina Rahayu Suroso pada 1983. Dulunya PO Rosalia Indah menggunakan satu armada, yakni bus Isuzu dengan trayek Yogyakarta-Solo-Surabaya-Malang.

PO yang berkantor pusat di Palur, Jawa Tengah, ini masih eksis hingga saat ini dengan memperbaikidan meningkatkan layanan pada armadanya.

(Foto: Instagram/@hisyam_2542)

2. PO Eka dan Mira

Bus raja jalanan yang satu ini juga sudah ada sejak lama. PO Eka dan Mira merupakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang sudah begitu tersohor di kalangan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Perusahaan ini didirikan oleh Fendy Haryanto pada 1971 yang pada awalnya menggunakan nama Flores. Namun karena adanya musibah maka nama perusahaan berganti menjadi PO Eka dan Mira yang diambil dari nama anak-anak Fendy Harianto.

3. PO Lorena

Nama PO Lorena diambil dari nama tengah Eka Sari Lorena Surbakti, salah seorang pimpinan PT Eka Sari Lorena yang didirikan oleh Kolonel (Purn) Gusti Terkelin Soebakti selaku ayah dari Eka Sari Lorena Surbakti.

PO Lorena berdiri pada 1978 dengan trayek awal Bogor-Jakarta. Namun, kini PO Lorena telah berubah dan melayani trayek-trayek yang lebih jauh lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

4. PO AKAS

AKAS merupakan singkatan dari Ali Karman Amat Saudara yang diambil dari nama sang pemilik, yakni Ali Karman Amat. PO AKAS sendiri telah eksis di jalanan sejak 1956.

Pada 1976 PO AKAS telah berkembang pesat dengan memiliki setidaknya 1.000 unit armada. Hingga saat ini, PO AKAS masih beroperasi dan diturunkan ke anak-anak sang pemilik.

Bus Pahala Kencana

(Foto: Instagram/@dhenyharyanto53)

5. PO Pahala Kencana

PO Pahala Kencana didirikan di Kudus, Jawa Tengah, pada 1976. Bus yang satu ini termasuk ke dalam kategori bus AKAP ini juga melayani jasa pariwisata. Meski berdiri sejak tahun 1970an, PO Pahala Kencana masih eksis hingga sekarang.

Itulah 5 PO bus legendaris yang masih beroperasi. Semoga bermanfaat ya Okezoners!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini