Share

Taliban Pamer Mada 9, Supercar Baru Buatan dalam Negeri

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 22 Januari 2023 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 52 2751076 taliban-pamer-mada-9-supercar-baru-buatan-dalam-negeri-n86VVTTk8X.jpeg Mada 9, supercar buatan Taliban. (Foto: News.com.au)

JAKARTA – Taliban yang menjadi penguasa Afghanistan saat ini pamer supercar mewah buatan mereka. Mobil mewah yang diberi nama Mada 9 ini memiliki desain yang mirip dengan McLaren. Otoritas Taliban mengklaim, mobil mewah tersebut merupakan supercar pertama yang dirakit di dalam negeri.

Dikutip dari News.com.au, prototipe supercar itu dibangun oleh Institut Kejuruan Teknis Afghanistan dan perusahaan mobil ENTOP. Pada awal kemunculannya, mobil ini berhasil menarik perhatian seluruh dunia.

Mereka membangun supercar tersebut dengan mengambil inspirasi nama dari kehidupan liar di Australia. Sedangkan dapur pacunya diambil dari Toyota Corolla yang saat ini menjadi mesin yang terus dikembangkan oleh produsen asal Jepang tersebut.

Namun, Mada 9 bukanlah sebuah supercar yang menggendong mesin V12 yang menjadi ciri khas supercar pada umumnya. Memang, mobil ini menggunakan mesin dari Toyota Corolla bukan buatan sendiri seperti supercar lainnya.

Mada 9 menggendong mesin Toyota Corolla 1.8-liter 4 silinder aluminum DOHC 16 katup dengan Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i). Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 138 hp dan torsi puncak 105 lb-ft.

CEO ENTOP Muhammad Raza Ahmadi mengatakan, prototipe buatannya disebut Mada 9, tetapi namanya kemungkinan akan berubah di masa depan. Ini terinspirasi oleh apa yang ditemukan penjelajah Eropa ketika mereka pertama kali mencapai Australia.

Follow Berita Okezone di Google News

Disebutkan, pengembangan supercar ini dilakukan selama lima tahun oleh Menteri Pendidikan Tinggi Taliban. Pihak berwenang mengklaim, mobil tersebut dapat melakukan perjalanan ke pameran internasional sebagai cara untuk mempromosikan Afghanistan di panggung dunia.

Entop Auto Studio perusahaan yang membiayai pembangunan supercar tersebut berharap dapat menampilkan Mada 9 pada pameran dagang Expo 2023 di Doha, Qatar akhir tahun ini.

Mengingat statusnya yang masih prototipe, Mada 9 belum dijual secara bebas dan prosesnya masih sangat panjang, Mengingat mereka harus lebih dulu meminta izin ke Toyota untuk penggunaan mesinnya. Jika tak diizinkan, maka mereka tak bisa menjual mobil tersebut dan harus membangun mesin sendiri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini