Share

Sejarah PO PMTOH: Dulu Terkenal Kumuh, Sekarang Jadi Role Model Bus Premium

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 52 2752216 sejarah-po-pmtoh-dulu-terkenal-kumuh-sekarang-jadi-role-model-bus-premium-f0yug9VKsv.jpeg PO PMTOH. (Foto: Instagram/@chilee_93)

JAKARTA – Salah satu legenda Perusahaan Otobus di Indonesia yang menarik dibicarakan adalah PO bus Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH). Sejarah PO PMTOH dimulai pada tahun 1957 di Nanggroe Aceh Darussalam.

PO asal Sumatera ini masuk ke dalam deretan bus pelopor dan menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Uniknya, PO ini masih tetap bertahan sampai sekarang karena mampu melewati masa-masa krisis.

Jika dulu bus PMTOH dikenal kumuh lantaran bodi busnya penuh debu dan terdapat banyak tas atau barang penumpang yang diletakkan di atap bus.

PO PMTOH zaman dulu. (Foto: Instagram/@bangsobatakjabuide)

Bus yang terkenal dengan warna hijau tua ini juga dikenal sebagai PO yang memiliki rute terpanjang di Indonesia karena melayani antar pulau.

Masa kejayaan PO ini adalah pada tahun 1970-an hingga awal 2000-an. Saat itu, persaingan antara PO bus tidak ramai seperti sekarang. Saat ini, rute Sumatera-Jawa sudah banyak PO bus yang menawarkan harga murah dengan fasilitas premium. Meski begitu, eksistensi PO ini tidak tergerus dengan adanya pemain baru.

Follow Berita Okezone di Google News

PO ini banyak menggunakan sasis kelas premium untuk menunjang performanya. Sasis premium dari Mercedes-Benz dan Scania diberikan karena rute yang dilalui PO ini terbilang cukup ekstrem. Bus PMTOH banyak menggunakan sasis Mercedes-Benz yang digunakan antara lain tipe OH 1830, OH 1836, OH 1626, OH 1526.

PO PMTOH menyediakan beberapa kelas, seperti hanya Patas Executive, Patas Legacy, Super Executive Nonstop, dan untuk rute jarak jauh bisa menikmati Patas AC dan Ekonomi Non AC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini