Share

Sejarah PO Litha & Co: Pelopor Bus Terbaik yang Pernah Jadi Perusahaan Truk

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Rabu 01 Februari 2023 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 01 52 2757051 sejarah-po-litha-co-pelopor-bus-terbaik-yang-pernah-jadi-perusahaan-truk-Er78Tx8qbv.jpeg PO Litha & Co. (Foto: Instagram/@bus_litha)

JAKARTA – Mungkin pecinta bus di Jawa dengan Sumatera jarang mendengar nama perusahaan otobus (PO) Litha & Co. Padahal Litha & Co merupakan PO bus yang cukup legendaris. Litha Brent mendirikan PO ini sejak tahun 1967 di Makale, Tana Toraja Tapi.

Kini PO ini punya tempat tersendiri di hati pecinta bus lantaran PO bus di Sulawesi lantaran menajdi pionir pengguna sasis premium Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

Sebelum jadi sebesar sekarang, PO Litha & Co mengawali bisnisnya di sektor angkutan barang. Perusahaan ini melakukan kegiatan menjual sekaligus mengangkut barang dengan truk dengan rute Tana Toraja-Ujung Pandang.

Perubahan orientasi bisnis ini kemudian diiringi dengan perubahan badan hukum Litha & Co menjadi firma pada tahun 1970. Perubahan badan hukum juga dilakukan karena ada pertambahan dari pemilik bisnis ini.

Po Litha & Co. (Foto: Instagram/@bus_litha)

Litha & Co secara resmi menjadi angkutan penumpang dengan menggunakan bus pada tahun 1972 dengan rute Makassar-Tana Toraja. Perubahan segmen bisnis membuat PO ini berkembang pesat. Bahkan Litha & Co terus menambah armada di berbagai kelas guna memfasilitasi masyarakat.

Bus yang bermarkas di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 15 Tello Baru, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini dua kelas ekonomi, yakni: ekonomi AC dan non AC.

Follow Berita Okezone di Google News

Kelas ekonomi AC menawarkan kenyamanan dalam perjalanan sedangkan untuk non AC ditujukan untuk penumpang yang mencari bus dengan tarif murah. Kapasitas penumpang bus non AC bisa mencapai 30-40 penumpang dalam satu bus.

Kelas berikutnya adalah VIP yang hampir sama dengan eksekutif. Perbedaannya hanya terdapat pada fasilitas yang diberikan, seperti TV LED, bantal dan selimut di setiap kursi.

Hanya berbeda dalam fasilitas lainnya seperti dengan kelengkapan fasilitas berupa TV LED, bantal dan selimut untuk setiap kursi dan sandaran kaki yang nyaman serta bagasi luas.

Sedangkan untuk kelas eksekutif hanya berkapasitas 12-19 penumpang. Fasilitas yang didapatkan meliputi kursi yang fleksibel, legrest, selimut dan bantal, toilet serta hiburan.

Menginjak tahun 2010, PO ini mulai naik daun dan mendapat perhatian dari berbagai pihak. PO Litha & Co dinobatkan Menteri Perhubungan (Menhub) RI pada tahun 2012 dan 2014.

PO ini juga meraih penghargaan berupa Certificate of Excellence pada 2015 dan 2017 dari Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires. Selain itu, penghargaan sebagai bus antar kota antar provinsi (AKAP) Terbaik versi Bismania juga berhasil diraih pada tahun yang sama.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini