Share

Konversi Motor Listrik Mahal, Pengamat: Skema Tukar Lebih Murah dan Efektif

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Kamis 09 Februari 2023 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 53 2761894 konversi-motor-listrik-mahal-pengamat-skema-tukar-lebih-murah-dan-efektif-BGLeZAxREE.png Proses konversi motor listrik. (Foto: Antara)

JAKARTA โ€“ Sekjen Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Hari Budianto menilai, biaya konversi motor konvensional ke motor listrik masih mahal. Hari mengatakan, saat ini biaya konversi paling murah adalah Rp13 juta.

Harga konversi tersebut, kata Hari, masih terlalu mahal bagi masyarakat yang pendapatannya tidak terlalu besar. Oleh karena itu, ia menyarankan agar pemerintah mencari skema lain agar masyarakat tertarik beralih dari motor konvensional ke listrik.

Sebagai pengguna motor konversi, ia menilai biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Bahkan, menurutnya, lebih mahal dibanding motor listrik baru.

Ia menilai kebijakan trade off motor konvensional ini sekaligus mengurangi populasi motor bekas. Selain itu, kebijakan ini juga dapat mempercepat mengurangi konsumsi BBM.

โ€œTujuan konversi salah satunya menurunkan atau menghilangkan konsumsi bahan bakar fosil. Kalau konversi, harus merelakan mesin lamanya tidak dipakai kembali alias scrap atau dimusiumkan. Belum tentu masyarakat rela dengan itu,โ€ kata Hari.

Menurutnya, salah satu cara menekan harga konversi adalah dengan memaksimalkan komponen lokal. Okto menjelaskan, saat ini Motoriz menjalin kerja sama dengan Blue Wings Group yang bakal bangun pabrik di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œPada saat TKDN-nya sudah tinggi, otomatis dapat menekan harga. Mungkin, pada pertengahan tahun 2023, teknologi ini akan didominasi komponen lokal,โ€ kata Okto.

Sekadar informasi, Pemerintah Indonesia berupaya memberi subsidi sebesar Rp5 juta untuk motor konversi. Sedangkan subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta masih dalam tahap finalisasi dan bakal rampung dalam waktu dekat.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini