Share

Deretan Motor Terbesar di Dunia, Pakai Mesin Tank dan Berkapasitas 38.000 cc

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 12 Februari 2023 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 12 53 2763559 deretan-motor-terbesar-di-dunia-pakai-mesin-tank-dan-berkapasitas-38-000-cc-CkCRsVVwab.jpeg Katharina die Grose. (Foto: motorideuniverse)

JAKARTA – Motor gede biasa dijumpai di perkotaan yang ukurannya sedikit lebih besar ketimbang kendaraan roda dua pada umumnya. Tapi, berbeda dengan deretan sepeda motor unik terbesar di dunia pada umumnya, motor ini memiliki bobot dan dimensi yang tak biasa.

Sepeda motor dipilih untuk mobilitas yang lebih efisien karena bisa terbebas dari kemacetan karena bentuknya yang ramping. Namun, berbeda dengan sejumlah orang ini yang memodifikasi motornya menggunakan konsep yang cukup unik.

Penasaran motor apa saja yang memiliki ukuran tak biasa? Berikut deretan motor terbesar di dunia yang mirip truk hingga punya tinggi 3,4 meter seperti dilansir MNC Portal dari berbagai sumber.

Motor terbesar di dunia satu ini merupakan hasil kolaborasi modifikator asal Jerman, yakni Tilo Niebel dan Wilfried Niebel dari perusahaan Harzer Bike-Schmiede. Keduanya butuh waktu selam satu tahun untuk menyelesaikan pembangunan motor ini.

Katharina die Grose. (Foto: Motorideuniverse)

Dikutip dari Motoridesuniverse, motor ini masuk dalam buku Guinness World Records sebagai motor terbesar di dunia dengan bobot 4,3 ton. Panjangnya 5,8 meter dan lebar 2,8 meter dengan penumpang samping yang bertugas membantu membelokkan motor.

Sedangkan untuk tampilannya, motor ini dibuat seperti kendaraan era perang dunia kedua dengan model yang sangat klasik. Meski besar, motor ini hanya dapat menampung tiga penumpang saja.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Dream Big

Motor buatan pria asal Amerika Serikat, Gregory Dunham ini bisa dikatakan sebagai yang tertinggi di dunia. Motor yang diberi nama “Dream Big” itu memiliki tinggi 3,4 meter dan panjang hingga 6,1 meter, sementara bobotnya 2.958 kg.

Dikutip dari Bikeadvice, butuh waktu 3 tahun bagi Dunham untuk membuat motor ini. Dia mulai bekerja pada tahun 2002 dan menyelesaikannya pada tahun 2005, dengan menghabiskan biaya lebih dari USD 300.000 atau setara Rp4,5 miliar.

Dream Bike. (Foto: throttlextreme)

Motor ini dibekali dengan mesin 8.200 cc yang mampu menghasilkan 500 hp dan torsi puncak 813 Nm. Menariknya, motor ini hanya memiliki dua gigi maju dan disertai satu gigi mundur.

Setidaknya, ada enam orang yang dapat menunggangi motor tersebut. Tapi motor ini tak bisa dikendarai secara normal karena memiliki setang yang lebar. Bagaimanapun, motor ini berhasil menarik perhatian banyak orang ketika diluncurkan ke publik.

3. Regio Design XXL

Motor yang pernah masuk ke dalam catatan Guiness World Records ii berfungsi secara normal dan mudah dikendarai meski punya setang lebar.

Dikutip dari Technabob, Regio Design XXL Chopper dibuat oleh Fabio Reggiani dan pertama kali memperlihatkan diri ke publik pada tahun 2012 di Motorbike Expo. Motor ini juga pernah diujicoba jalan sejauh 100 meter, jadi membuatnya layak mendapatkan sertifikat.

Regio Design XXL. (Foto: technabob)

Proses pembuatannya membutuhkan waktu hingga 7 bulan dan berhasil mengalahkan rekor Gregory Dunham, sang pencetus Dream Big. Sayangnya, motor ini tak bisa berjalan hanya dengan dua roda, jadi butuh dua roda tambahan di sisi kanan dan kiri.

Motor ini menggunakan mesin Chevrolet V8 5,7 liter yang dapat menyemburkan tenaga 280 hp, dengan dilengkap transmisi 3-percepatan.

4. Leonhardt Gunbus 410

Berbeda dengan motor-motor sebelumnya, Leonhardt Gunbus 410 masih memiliki tampang yang sama dengan motor pada umumnya. Bahkan, sang produsen mengklaim bahwa ini merupakan satu-satunya motor terbesar di dunia yang memiliki surat resmi untuk dikendarai di kalan raya.

Leonhardt Gunbus 410. (Foto: rideapart)

Dikutip dari RideApart, Leonhardt yang berbasis di Eppingen, berpegang teguh pada gagasannya dan menggambarkan kreasinya sebagai ‘kombinasi paling sempurna dari potensi kinerja dan desain yang seimbang’.

Motor ini menggunakan mesin V-twin berkapaitas 6.728 cc yang dapat menyemburkan tenaga 350 hp dan torsi puncak 510 lb-ft. Terdapat tiga gigi maju dan satu gigi mundur yang dapat memudahkan pengendaranya saat memarkirkan motor.

5. Tower Trike

Tower Trike merupakan sebuah kendaraan roda tiga hasil karya mekanik asal Indiana, Amerika Serikat. Meski menggunakan roda tiga, kendaraan ini masih masuk dalam kategori sepeda motor.

Dikutip dari RideApart, Tower Trike memiliki tiga roda penggerak, sadel buat pengendara, dan dapat digunakan di jalanan. Berdasarkan definisi National Highway Safety Administration (NHTSA), itu sudah cukup memenuhi syarat legalitas.

Tower Trike. (Foto: zetamotosok)

Tower Trike juga didukung mesin diesel two-stroke yang sangat bertenaga dan tenaganya diklaim bisa sepuluh kali lipat dari motor Harley Davidson. Ukurannya yang sangat besar membuatnya memiliki bobot hampir 5.000 kg.

Mengenai desain, Tower Trike dikatakan sebagai persilangan antara truk dengan sepeda motor. Pasalnya, motor ini memiliki tangki bahan bakar besar di sisi kiri yang saa seperti digunakan pada truk trailer.

Di bagian belakang, terpasang sebuah salib yang terbuat dari bahan metal seberat 90 kg yang digunakan sebagai komponen keselamatan penumpang dan pengendaranya karena itu semacam roll bar.

1
5
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini