Share

Sejarah PO Gunung Mulia, Bus Legendaris Wonogiri yang Bertahan 4 Dekade

Muhammad Fillah Sofiandy, Okezone · Jum'at 24 Maret 2023 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 24 52 2786524 sejarah-po-gunung-mulia-bus-legendaris-wonogiri-yang-bertahan-4-dekade-WzumVB6iV4.jpg Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: YouTube/PerpalZ TV)

JAKARTA - Sejarah PO Gunung Mulia bermula ketika pengusaha truk Gondo Wijaya ditawari untuk membeli armada PO Gunung Giri, pada 1983. Sekitar 4 tahun kemudian, dia resmi mengoperasikan perusahaan otobus miliknya sendiri, Gunung Mulia. 

Gondo mengaku, memilih nama Gunung Mulia karena alasan sederhana. Gunung, menurutnya, bermakna gunung dari Wonogiri. “Sementara Mulia berarti kemuliaan Tuhan,” katanya dikutip dari channel PerpalZ TV di YouTube, pada Jumat (24/3/2023). 

Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: Gondo Wijaya (kanan), pendiri PO Gunung Mulia/YouTube/PerpalZ TV)

Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: Gondo Wijaya (kanan), pendiri PO Gunung Mulia/YouTube/PerpalZ TV)

Kondisi pasar itu membuat PO bus itu harus berkompetisi dengan para operator ‘senior’ yang telah lebih dahulu beroperasi di Wonogiri, seperti PO Tunggal Dara, PO Timbul Jaya, PO ISMO, dan PO Wasis. 

Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: Instagram/@ombussindo)

Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: Instagram/@ombussindo)

Soal trayek, PO bus ini melayani beberapa rute, seperti Jakarta-Salatiga, Jakarta-Wonogiri, Bogor-Salatiga, Bogor-Ungaran, Solo-Jakarta, Wonogiri-Jakarta, Ungaran-Jakarta, Solo-Bogor, Wonogiri-Bogor, Salatiga-Bogor, dan Ungaran-Bogor. 

Baca Juga: INAPA 2023, Yuk Kenalan dengan Produk Transportasi Ramah Lingkungan dan Elektronik Otomotif Taiwan

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa armadanya mengandalkan chasis Hino RK8 dan Mercedes-Benz OH 1518/1526. Sementara bodi, ada yang digarap karoseri Adiputro, Laksana, hingga Restu Ibu.

Sejarah PO Gunung Mulia. (Foto: YouTube/PerpalZ TV)

Setelah 39 tahun beroperasi, Gunung Mulia tetap konsisten memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan keselamatan penumpang dan harga kompetitif. Gondo Wijaya pun sudah mulai memercayakan bisnisnya tersebut kepada tiga putranya.*

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini