Share

Sejarah SOG Indonesia yang Miliki Ribuan Anggota, Salah Satunya SOG Indonesia Chapter Jaktim

MPI, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2022 12:03 WIB

Klub motor Sccoter Owner Group (SOG) Indonesia chapter Jakarta Timur menggelar ulang tahun yang ke-20 sekaligus pelantikan anggota kehormatan SOG Indonesia Jakarta Timur H. Muhammad Khadafi. Pelaksaanan aniversary dilaksanakan di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

 

Pelantikan juga dihadiri ketua umum SOG Indonesia Venito Bastian yang merupakan kakak dari artis Vino G Bastian, dan diharapkan kegiatan ini makin mempererat sesama anggota dan semakin solid.

 

Scooter Owners Group Indonesia dididirikan pertama kali pada akhir February 1995 di Gg.Nangkasuni Kota Bandung dengan nama Vespa Owners Club (VOC) oleh 10 (sepuluh) orang yang selanjutnya disebut Pendiri Scooter Owners Group Indonesia. yakni Kol. CPM (purn). H.D Moerabed, Tono.S, Abah Iman, A.Raddy, Boy Januar, Beno.H, Wawan, Saman, Yayan Peloy (alm), Anthony.

 

Kenyataan dan Perkembangan dunia Otomotif di Tanah air membuat para pendiri dengan mengusung niat mewadahi lebih universal terhadap itu ,maka nama awal 'Vesva' karena di anggap tidak memenuhi untuk hal tersebut berganti Istilah Vesva menjadi Scooter artinya Organisasi ini dapat menampung berbagai jenis kendaraan bermotor termasuk kategori Scooter ,berkenaan dengan penyusunan AD/ART yang dijadikan landasan aturan dan tidak bertentangan dengan konsekwensi tentang nama club dan aturan lainnya menjadi Scooter Owners Club (SOC).

 

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan Organisasi yang menunjukan arah yang positive dan lebih besar maka atas usulan dari Penasehat penggunaan Club dirubah dengan tujuan memiliki arti yang lebih besar sepertinya organisasi motor lainya seperti HOG (Harley Owners Group) maka disepakati Nama SOC berubah menjadi Scooter Owners Group (SOG) dan hal ini sesuai dengan harapan dan tujuan para pendiri.

 

Respon positive dari para pemilik kendaraan roda dua jenis Scooter terbukti banyaknya Anggota yang tergabung walaupun masih di seputar Bandung Raya.

 

Berdasar pada hal tesersbut diatas maka 18 maret 1995 Scooter Owners Group diresmikan menjadi Club Scooter dengan nama Scooter Owners Group, oleh Kapolwiltabes Bandung saat itu bertempat di Halaman Polwiltabes Bandung.

 

Perkembangan SOG secara Organisasi resmi dibantu Media masa cetak dan eleltronik dalam dan Luar Negeri seperti "Scooter Magazine" keluaran Inggris menjadikan daya tarik yang berarti dengan bergabung nya pecinta otomotif sejenis dari daerah daerah di Jawa Barat bahkan seluruh Indonesia dan sekarang memiliki Brother SOG di Singapura, Brunai Darussalam, Malysia, Thailand dan beberapa Negara di wilayah Asia Tenggara.

 

Pesatnya perkembangan SOG melahirkan Munas l yang salah satunya menetapkan dibentuknya Scooter Owners Group Indonesi (SOGI) pada Tanggal 10 Mei 1998,untuk mewadahi Cabang SOG yang berada di wilayah Nusantara dan Luar Negeri.

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini